Awas Sering Operasi Caesar Berbahaya Bagi Kesehatan

| August 10, 2012 | 0 Comments

Ditengah tengah peradaban modern ini ternyata adalagi trend yang hari ini ada disekitar kita. Salah satunya adalah adalah kemudahan akan melahirkan bagi kalangan ibu-ibu. Dengan kemajuan teknologi dibidang kesehatan khususnya dalam hal persalinan, seseorang akan dengan dengan mudah menentukan kapan ia akan melahirkan putra-putrinya ketika telah tiba masa atau cukup umur bagi sibayi. Yaitu dengan operasi cesar.

Tapi jauh dari kesan akan kepraktisannnya, tentunya seseorang perlu menentukan mengapa ia  harus menjalanin operasi ini.  Apakah karena faktor kesehatan ataupun karena hanya keinginan semata untuk lebih praktis. Karena terlalu sering operasi cesar yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Berikut Kita sebutkan bahaya seseorang yang terlalu sering operasi cesar.

” Ada masalah kehamilan ataupun tidak, saat ini banyak ibu hamil memilih melahirkan melalui operasi caesar. Bedah caesar memang merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan ibu dan bayi dalam kandungannya. Namun, jika sering dilakukan, hal itu bisa membahayakan kesehatan.

“Risiko histerektomi (pengangkatan rahim) hampir lima kali lebih tinggi pada perempuan yang sudah empat kali dioperasi caesar serta risiko transfusi darah lebih tinggi jika sudah enam kali menjalani operasi caesar,” kata dr Caroline Tirtajasa, SpOG, spesialis kebidanan dari RS Omni, Pulomas, Jakarta.

Sebagian besar dokter tidak menyarankan seorang perempuan menjalani operasi caesar lebih dari tiga kali. Jika dia hamil lagi, dianjurkan untuk melahirkan secara normal melalui vagina. Itu karena bedah caesar berulang-ulang mengandung risiko komplikasi.

Risiko yang potensial adalah abnormal placentation (terjadi pada 1 dari 2.500 kehamilan) atau placenta accreta. Risiko-risiko lain dari operasi caesar berulang:

– Rahim pecah (uterine rupture)

Ini terjadi karena bekas luka di rahim rentan robek atau hancur. Bagi perempuan yang mengalami kondisi ini, bayinya berisiko mengalami kematian 10 kali lebih tinggi.

– Adhesi dan jaringan parut

Operasi caesar juga akan menimbulkan jaringan parut atau adhesi. Beberapa perempuan ada yang merasakan sakit akibat adhesi dan ada juga yang menjadi lumpuh. Adhesi yang luas bisa menimbulkan komplikasi lain yang menimbulkan rasa sakit sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

– Plasenta previa

Risiko melahirkan dengan operasi caesar berkali-kali membuat letak plasenta terlalu dekat dengan leher rahim. Jika leher rahim terbuka, hal itu bisa menyebabkan keguguran dan perdarahan hebat. Perdarahan sangat banyak dapat mengakibatkan anemia atau ibu memerlukan transfusi darah.

– Placenta accreta

Terjadi apabila tempat menempel plasenta terlalu dalam di dinding rahim. Bekas luka operasi caesar dapat meningkatkan risiko ini. Kondisi ini kemungkinan bisa melibatkan kerusakan pada rahim atau organ lainnya serta perdarahan. “

Sumber : Kompas

Inilah beberapa bahaya dari operasi caesar yang terlalu sering  bagi kesehatan kita.

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: