Bagaimana Terjadinya Ulkus Kaki Diabetes?

| October 29, 2012 | 0 Comments

Luka ini dapat terbentuk karena kombinasi berbagai faktor, seperti menurunya sensasi rasa dikaki, sirkulasi yang buruk cacat kaki, iritasi (seperti gesekan atau tekanan), dan trauma, serta lama menderita diabetes. Pasien yang lama menderita diabetes selama bertahun-tahun dapat menjadi neuropati (berkurangnya rasa nyeri sebagian atau keseluruhan dikaki akibat kerusakan saraf yang disebabkan oleh kadar glukosa darah dari waktu kewaktu). Kerusakan saraf dapat terjadi sering tanpa rasa sakit dan bahkan mungkin tidak menyadari masalah ini. Dokter anda dapat menguji kaki untuk neuropati dengan alat sederhana dan tidak sakit.

Penyakit pembuluh darah dapat mempersulit penyembuhan kaki ulkus diabetes karena mengurangi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dan meningkatkan resiko infeksi. Peningkatan dalam glukosa darah dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi yang potensial dan juga menghambat penyembuhan ulkus diabetes ini.

Ulkus kaki pada pasien dengan diabetes harus diobati karena beberapa alasan seperti, mengurangi resiko infeksi dan amputasi, meningkatkan fungsi dan kualitas hidup, dan mengurangi biaya perawatan kesehatan.

Bagaimana seharusnya ulkus kaki diabetes diobati?

Tujuan utama dalam pengobatan ulkus kaki adalah untuk mendapatkan kesembuhan sesegera mungkin. Semakin cepat penyembuhan, semakin sedikit untuk kesempatan infeksi.

Sumber  :  Majalah ‘afiyah edisi 01 volume 1

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: