BAHAN PANGAN BERWARNA JINGGA DAN KUNING MEMBANTU MELINDUNGI KULIT

| February 1, 2013 | 0 Comments

Allfakaroten dan betakaroten, pro-vitamin A yang ditemukan dalam bahan pangan berwarna jingga sampai kuning membantu melindungi kulit dari serangan radikal bebas, siperusak sel. Alfakaroten juga ikut serta mempercepat pemulihan kerusakan DNA.

Nanas kaya akan senyawa fitokimia bromelain yaitu enzim berbelerang yang membantu mencerna protein. Bromelain yaitu enzim berbelerang yang membantu mencerna protein. Bromelain juga berkhasiat mengatasi radang dan menghilangkan nyeri.

Sumber bahan pangan : Jeruk, mangga, aprikot, buah persik, nanas, blewah, pisang, lentil kuning dan jingga, wortel, jagung, ubi kuning, paprika kuning dan jingga, labu kuning, labu parang, kabucha.

Jeruk lemon, jeruk manis dan keluarga jeruk lainnya adalah gudangnya vitamin C. bertugas meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

Mangga mengandung vitamin B6 yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan darah. Merupakan sumber antioksidan, vitamin A, C dan E

Wortel mengandung porfirin, senyawa yang mengendalikan produksi hormon seks pria, testosteron.

Labu parang, labu kuning dan kabucha (labu kecil berwarna jingga) mengandung lutein zeaxanthin yaitu senyawa yang sangat dibutuhkan untuk melawan penyekit mata katarak dan kemunduran makular yakni kondisi yang membuat penglihatan kabur.

Jagung adalah sayuran yang banyak mengandung vitamin A, B, C, tiamin, riboflavin, kalium dan seng. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi, kanker kulit dan penyakit jantung.

Sumber : Majalah Nirmala

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: