Cara Mengatasi perut kembung dengan mudah

| November 5, 2016 | 0 Comments

perut-kembungKetika perut mengalami kembung pastilah sangat tidak nyaman dalam beraktifitas. Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa penuh dan kencang. Di samping itu, perut juga bisa terlihat membesar. Hal ini bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa disertai dengan gejala kentut secara berlebihan, bersendawa, serta perut terasa bergejolak. Untuk mengatasi perut kembung anda bisa melakukan 7 hal berikut ini.

KOMPAS.com – Perut kembung sudah pasti bikin tak nyaman. Berikut ini tujuh cara mudah mengatasi perut kembung:

1. Makan semangka
Makan buah seperti semangka, nanas, melon dapat mencegah kembung. Ini berkat kandungan air dan potasium yang bermanfaat mengeluarkan kelebihan garam di tubuh kita.

2. Meneguk air sedikit demi sedikit
Minum air sedikit-sedikit tetapi konsisten seharian dapat menjaga kadar air yang normal dalam tubuh. Tak minum tapi lantas minum banyak sebenarnya membuat syok tubuh kita dan bikin tubuh jadi bengkak.

3. Makan porsi kecil dan sering
Makan sering dalam porsi kecil mengontrol kadar gula darah kita dan mengurangi perasaan penuh di perut. Makanan kecil yang sehat juga menjaga agar tak terlalu kelaparan sehingga kita jadi memilih makanan yang lebih bergizi.

4. Mengulum permen
Mengunyah permen karet adalah cara cerdas untuk mengontrol keinginan menyantap makanan manis. Namun, mengunyah permen karet justru menciptakan kantong-kantong udara di perut dan menyebabkan kembung. Daripada permen karet, pilihlah permen peppermint bebas gula yang ternyata merilekkan perut secara alami.

5. Minum kopi hitam
Kafein dalam secangkir kopi hitam membuat usus berkontraksi dan membersihkan sisa-sisa makanan. Minumlah kopi hitam tanpa tambahan krim dan susu karena zat tambahan ini justru membuat perut kembung.

6. Minum jus cranberry
Jus cranberry termasuk zat diuretik yang menyebabkan sering buang air kecil. Kelebihan air pun dibuang dalam bentuk urin.

7. Olahraga
Bergerak menyebabkan peredaran darah lancar. Bahkan gerakan ringan seperti jalan kaki sebenarnya membantu mencegah perut jadi kembung.

Category: Edukasi

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: