Diabetes Gestasional

| January 29, 2013 | 0 Comments

Ancaman diabetes saat kehamilan

Diabetes melitus gestasional (DMG) adalah suatu gangguan toleransi karbohidrat (adalah kapasitas tubuh dalam menanggung glukosa / gula dari zat karbohidrat dalam jumlah besar, selanjutnya akan disebut ” toleransi glukosa”. Dengan berbagai tingkat keparahan (TGT, GDPT, DM) (TGT adalah Toleransi glukosa terganggu, DM : Diabetes melitus, Merupakan berbagai keadaan dimana terjadi gangguan toleransi glukosa) yang terjadi atau diketahui pertama kali pada saat kehamilan, dan merupakan salah satu bentuk DM tipe 2. Gangguan toleransi glukosa terjadi pada 2-8 % dari wanita hamil merupakan DMG.

Faktor resiko

Penilaian adanya resiko DMG perlu dilakukan sejak kunjungan pertama pemeriksaan kehamilan. Pada wanita hamil dengan faktor resiko, dilakukan skrining DMG dapat dilakukan pada usia kehamilan 24-28 minggu. DMG dapat diperkirakan dari kombinasi beberapa pertanyaan dan hasil pemeriksaan darah tertentu.

Faktor resiko DMG antara lain  :

  • Usia ibu tua : Orang Asia riwayat DMG, Riwayat keluarga dengan DM tipe 2, Riwayat melahirkan bayi makrosomia, Riwayat kematian janin tanpa sebab, riwayat abortus berulang, riwayat preeklamsia, riwayat melahirkan bayi dengan cacat bawaan
  • Pada pemeriksaan didapatkan  :  Tekanan darah sistolik tinggi, indeks masa tubuh > 30 kg/m persegi, Sindroma metabolik, polihidramnion, kehamilan multipe.
  • Pemeriksaan laboratorium didapatka : Peningkatan tpA (tissue Plasminogen Activator, kadar kolesterol HIgh Density Lipoprotein HDL (Biasa dinamakan “lemak baik”) rendah, Glukosuria (Kadar glukosa atau gula dalam urin tidak normal).

Sumber : Majalah ‘afiyah edisi 01 volume 1

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: