Edukasi – Empat penyebab keputihan

| September 18, 2012 | 0 Comments

EMPAT PENYEBABAB KEPUTIHAN

Keputihan, atau istilah kedokteran flour albus atau leukorrhea, adalah keluarnya cairan vagina yang berlebiohan dan menimbulkan keluhan. Inilah salah satu penyulit terjadinya kehamilan.

Berikut ada empat penyebab keputihan :

  1. Konstitusional/kondisi tubuh : Misal, akibat penyakit kronis yang menahun. Sebab, penyakit menahun bisa melemahkan daya tahan tubuh, sehingga menyebabkan keluarnya cairan keputihan juga bisa terjadi pada wanita yang senantiasa tegang/stres astenia/kurus.
  2. Kelainan edokrin/hormon : Misal, pada saat hamil terjadi perubahan hormonal ; terjadi suasana asam jadi basa. Hal ini mengakibatkan banyak ibu hamil mendapat jamur. Kalau jamur ini ntak segara diobati, bisa naik keatas dan menyebabkan ketuban pecah dini.
  3. Infeksi : Sebagian besar karena infeksi dari macam-macam organ reproduksi. isa infeksi vulva, vagina, mulut rahim, selaput lendir rahim, dan saluran telur. Semua infeksi itu memberikan gambaran berupa keputihan. Infeksi vulva umumnya disebabkan GO, chlamydia, dan herpes simpleks. Infeksi lain disebabkan jamur/candida, bakteri, dan parasit.
  4. Sebab-sebab lain : Misal, masuknya corpus alienum (benda asing). Benda asing ini bisa berupa apa saja ; kondom, benang IUD yang tertinggal didalam vagina, ada kelainan fistula akibat persalinan/tindakkan operasi, ada hubungan antara reptum/tempat kotoran dengan vagina atau antara kandungan kencing dengan vagina, serta karena tisu pembasuh. Yang paling sering karena tisu. Hal ini karena wanita kebiasaan mengelapvagina dengan tisu sehabis buang air kecil. Bila menggunakan tisu yang gampang hancur terkena air, maka saat mengelap akan ada bagian tisu yang masuk kedalam vagina. Lama-lama tisu akan menumpuk. Nah, endapan inilah yang menyebabkan keputihan.

Sumber : Tablolit nakita

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: