Edukasi – Masuk angin bisa merupakan gejala suatu penyakit

| July 10, 2012 | 0 Comments

MASUK ANGIN BISA MERUPAKAN GEJALA SUATU PENYAKIT

Masuk angin bisa merupakan gejala suatu penyakit, bisa juga menunjukkan si anak terkena virus ringan. Istilah “masuk angin” sudah sangat populer dikalangan awam, kedati dikamus bahasa Indonesia maupun kamus kedokteran tak ada tertulis istilah tersebut. Biasanya, yang dimaksud awam sebagai masuk angin adalah anak tak mau makan, perutnya kembung, muntah, atau bahkan diare tapi tak terlalu hebat. Misalnya : feses jadi lelbek atau biasanya BAB sekali sehari kini jadi 2 – 3 kali. Namun anaaknya tenang-tenag saja, malah main terus.

Sebenarnya “masuk angin” merupakan gejala penyakit yang masih harus diagnosisnyasecara lebih mendalam. kadang masuk angin juga menunjukkan si anak terkena infeksi virus, tapi yang sangat ringan. Penyakit yang disebabkan virus, memiliki ciri tersendiri, yaitu self limiting disease atau suatu penyakit yang akan sembuh sendiri tanpa perlu diobati. Jadi, bila jumlah virus yang masuk ketubuh hanya sedikit, tubuh akan kuat memeranginya. Karena bila virus yang masuk hanya ringan sedangkan daya tahan tubuh dalam keadaan prima, penyakit pun akan hilang dengan sendirinya.

“Masuk angin” bisa diobati sendiri oleh orang tua. Misalnya, dengan diberi minum obat penurun panas bila si anak badannya mulai anget-anget. Selain itu tubuhnya boleh juga dibaluri dengan obat-obat tradisinal seperti bwang merah yang dicampuri minyak kelapa atau minyak telon.. Bawang merah akan merangsang pemuluh-pembuluh darah kecil dan saraf dikulit anak, sehingga sirkulasi darahnya lebih aktif. Dengan demikian, pertukaran oksigennya juga lebih banyak. Anak juga lebih segar.***

Sumber : Tabloit nakita

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: