Edukasi – Mimisan pada anak

| September 29, 2012 | 0 Comments

MIMISAN PADA ANAK
Yang paling sering, disebabkan perubahan suhu. Bisa juga merupakan gejala suatu penyakit. Mimisan atau epitaksis adalah perdarahan pada hidung. Biasanya terjadi karena perubahan suhu, semisal dari udara panas kedingin. Pembuluh darah dihidung akan melebar pada udara dingin dan mengecil pada keadaan panas. Akibat perubahan suhu les machines a sous secara tiba-tiba, pembuluh darah pecah.

Selain itu mimisan juga bisa merupakan gejala suatu penyakit, semisal demam berdarah. Oleh karena itu cermati betul penyebab anak mimisan. Apa betul karena perubahan cuaca atau ada penyakit lain? Mimisan yang disebabkan penyakit tertentu, bisanya tak berhenti-henti.

Tips yang harus dilakukan disaat mimisan :

  • Jaga jangan sampai mimisan tersedot kesaluran pernapasan, karena bisa menutup saluran napas. Saat terjadi mimisan, anak harus berada dalam posisi duduk atau berdiri dengan kepala tegak, sehingga darah yang keluar akan turun kebawah.
  • Hentikan perdarahan dengan cara menekan hidung anak.
  • Segera konsultasikan kedokter apabila :  a. Perdarahan tetap langsung setelah mendapatkan pertolongan pertama, b. Anak demam diikuti mimisan pertama. Sebab, keadaan ini dikhawatirkan sebagai indikasi penyakit lain yang lebih berat.

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: