Edukasi – Muntah pada anak

| September 16, 2012 | 7 Comments

MUNTAH PADA ANAK

Banyak faktor yang menyebabkan anak muntah. Pengobatan tergantung penyebabnya. Bisa jadi, anak muntah karena ia mengalami gangguan pencernaan (dispepsia). Pengobatan jika penyebabnya infeksi, harus ditangani infeksinya. Jika karena tidak cocok makanan, maka makanan tersebut jangan diberikan dulu. Umumnya dispepsia berlangsung singkat dan tidak berbahaya, juga tak perlu operasi.

Jika setiap kali diberi makanan atau minuman, anak muntah dalam jumlah banyak dan menyembur, orang tua perlu waspada. Bisa saja penyebabnya karena ada kelainan pada saluran cernaannya. Terlebih kalau tidak ada gejala lainnya, semisal demam atau panas badan. Jenis muntah yang ini, dinamakan refluks. Yaitu muntah karena aliran balik makanan atau minuman yang masuk kemudian keluar lagi.

Refluks merupakan salah satu kelainan bawaan yang sudah ada sejak lahir. Normalnya, makanan dan minuman masuk kedalam tubuh melalui kerongkongan, yang berfungsi mengangkut bahan-bahan padat dan cair kelambung. Diujung paling bawah esofagus. Mengandung susunan otot melingkar yaitu sfingter. fungsinya seperti hal katup/klep yang akan menutup setelah makan dan minuman masuk dari kerongkongan. Akibatnya makanan dan minuman tadi tidak kembali lagi kebagian atas. Nah, pada anak-anak tertentu, katup ini agak longgar hingga memudahkan arus balik. Akibatnya, makanan dan minuman yang masuk, kembali lagi dari lambung kekerongkongan sehingga terjadilah muntah atau refluks.

Cara Pesan :

SMS / WA / Call  HP : 085 – 712-295-169 PIN BB : D2C4112C

SMS : Pesan # Syifa Kids Nafsu Makan & Cacingan # Jumlah Pesanan # Nama # Alamat Lengkap

Diharapkan dengan bertambahnya usia, katup atau otot sfingter ini akan bagus dan kuat. Biasanya 60 % mereda diusia 2 tahunan, walau ada juga sisa gejalanya sampai anak mencapai umur 4 tahunan. Kalau memang muntahnya tidak berhenti-henti dan dengan pemberian obat-obatan tidak berhasih atau belum sembuh juga, jalan terakhir harus operasi. Namun kasus ini jarang sekali terjadi.

Muntah bisa juga terjadi bila anak makan dalam porsi terlalu banyak. Tidak sedikit orang tua, yang karena anaknya ingin cepat besar dan gemuk, memberi makan yang berlebih. Jika sianak sudah kenyang, yang ditandai ia sudah mulai enggan meneruskan makannya, sebaiknya pemberian makanan segera dihentikan. Jika tidak, ia akan muntah karena lambungnya tak dapat lagi menampung makanannya. Sebaiknya jika ia sudah makan cukup, jangan diberi makan terus. Beri porsi makanan kecil tapi sering. Ini lebih baik dari pada memberi makanan yang besar sekaligus.

Kondisi lain yang menyebabkan muntah adalah demam, masuk angin, mabuk perjalanan, dan diare alias muntaber. Jika muntaber disertai demam, biasanya merupakan akibat infeksi kuman. Pada muntaber yang disertai demam, dapat tewrjadi kejang karena demamnya sediri atau karena gangguan elektrolit (mineral) dalam darah. Gangguan elektrolit dapat timbul saat muntah maupun diare, banyak elektrolit yang dikeluarkan melalui muntahan atau feses.****

Sumber : Tabloit nakita

Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan –  Cara Baru dan Efektif meningkatkan nafsu makan pada anak-anak.

Nama Produk :  Syifa Kids Nafsu Makan Dan Cacingan

Harga                : P. Jawa Rp. 40.000,- dan  L. Jawa : Rp. 45.000,-

Produsen        : Herbal Indo Utama

Volume / Isi : 100 ml.

 

Cara Pesan :

SMS / WA / Call  HP : 085 – 712-295-169 PIN BB : D2C4112C

SMS : Pesan # Syifa Kids Nafsu Makan & Cacingan # Jumlah Pesanan # Nama # Alamat Lengkap

 

Deskripsi Produk :  

Insya Allah berkhasiat :

  • Menambah Nafsu MakanSyifa Kids Nafsu Makan Cacingan Tips kesehatan Meningkatkan nafsu makan pada anak
  • Mencegah & Mengobati cacingan
  • Memperbaiki sistem pencernaan
  • Membantu mengobati sakit perut
  • Mengatasi Kembung & Masuk Angin
  • Mengatasi Sembelit
  • Meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit
  • Menambah daya tahan tubuh

Komposisi :

  • Madu Murni
  • Nigella Sativa
  • Zaitun oil
  • Curcuma Xanthoriza Ekstrak
  • Curcuma Heyneana Ekstrak
  • Curcuma Aeroginesa ekstrak
  • dan herbal berkhasiat lainnya.

Aturan Minum :

  • Diminum sampai sembuh
  • umur 6 bulan – 1 tahun : 3 x sehari 1/2 sendok teh
  • umur 1 tahun – 3 tahun : 3 x sehari 1 semdok teh
  • umur 3 tahun – 5 tahun ; 3 x sehari 2 sendok teh
  • umur > 6 tahun            : 3 x sehari x 1 sendok makan

 

Cara Pesan :

SMS / WA / Call  HP : 085 – 712-295-169 PIN BB : D2C4112C

SMS : Pesan # Syifa Kids Nafsu Makan & Cacingan # Jumlah Pesanan # Nama # Alamat Lengkap

 

Category: Edukasi

Comments (7)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. hasan basri says:

    anak saya tidak mau makan dan minum, termasuk minium obat. kalaupun dipaksa makan atau minum, pasti akan muntah. muntahnya cairan bening, kadang kuning. di bawa ke dokter dikasih puyer, tp setelah diminumkan, dimuntahkan kembali, apa solusinya? trmksh

    • baitul herbal says:

      Bapak Hasan Basri yang kami hormati, memang untuk anak-anak problem seperti ini sering di temukan. Biasanya untuk penanganannya misalkan itu berupa makanan, kita bujuk anak kita dengan baik atau di berikan citarasa yang memang di sukai oleh anak kita. Kita buat anak kita agar senang dahulu dengan makananannya / biasanya anak akan senang dengan makanan kesukaannya.

      Kalau muntahnya anak bapak, mungkin disebabkan karena makanan yang dipaksakan, atau mungkin memang sistem pencernaannya. Untuk hal ini Bapak bisa berkonsultasi kepada Dokter Anak di tempat Bapak.

  2. wullan hady jayanti says:

    anak sya umurnya 2,5 bln. beberapa minggu terakhir ini sering mual stelah minum asi. hampir setiap hari 1 kali dy muntah dlm jumlah yg bnyak, tp keadaan stelah dy baik2 saja sprti trsnyum dan stelah beberapa menit dy kelaparan lg ingin minum asi. apa yg harus say lakukan agar anak saya tidak mual dan muntah. meskipun hnya 1 x dlm 1 hari sya sgt kasian. tolong bntu saya.

    • baitul herbal says:

      Sebaiknya Ibu Wulan konsultasikan pada dokter anak di terdekat ibu, setelah ada diagnosanya apa, mungkin kami dapat membantu.

  3. aslan says:

    anak saya bila demam selalu muntah muntah .makin banyak dia makn makin banyak dia muntah

  4. Jea says:

    Anak sy 4 tahun sdh 4 hari muntah2 dn mencret sudah ke bidan cm dikasih puyer n syrup,,demamnya reda tapi muntah n mencretny tetep,,apakah perlu ke doker lain n ganti obat?apakah tidak berbahaya untk ank sy

  5. tini says:

    Anakq sekarang muntah plus demam,sdh dksh sirup pnurun demam sma bwt gk muntah tpi ttp aja muntah2.gmna?

Leave a Reply

%d bloggers like this: