Edukasi – Santan dan buah sebagai herba penyubur rambut

| December 29, 2010 | 2 Comments

SANTAN DAN BUAH SEBAGAI HERBA PENYUBUR RAMBUT

Rambut subur dan menawan pasti dambaan setiap orang baik pria maupun wanita. Tapi,apakah harus pergi ke salon untuk creqmbath agar punya rambut yang indah dan menawan? Wah, tentunya dengan cara itu membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Nah, berikut ada beberapa perawatan rambut secara herba atau secara alami yaitu dengan menggunakan buah segar alami yang dapat dilakukan di rumah secara rutin. Selain itu,  perawatan secara herba ini dengan biaya yang murah. Cukup menyediakan uang untuk membeli buah yang diperlukan aja, dan waktu untuk merawat rambut supaya indah berkilau.

Perawatan rambut dengan herba buah ini juga bisa mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan,” kata dr Asri B. Sjuhada, konsultan Klinik Melliderma Surabaya. Untuk itu, kenalilah jenis rambut dan pilih buah yang sesuai sebagai bahan perawatan.

Agar rambut tampak bercahaya bisa digunakan potongan herba jeruk lemon atau jeruk nipis. Jeruk lemon ini  juga bermanfaat sebagai penghilang ketombe pada rambut kering dan rontok. “Caranya, potongan jeruk tersebut dioleskan sambil dipijat-pijat pada kulit kepala,” jelasnya.

Untuk menambah kesegaran dan kelembutan rambut kering dan kusam, bilaslah rambut sehabis keramas dengan campuran perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam air dingin dan bersih. Sedangkan, bagi rambut normal dan berminyak yang berketombe, dengan cara menggunakan jeruk yang dicincang atau air perasan daun seledri. Selain jeruk, herba buah aplukat yang diambil dagingnya kemudian dilunakkan sampai menjadi semacam krim juga bisa digunakan untuk merawat rambut kering.

Selanjutnya, herba santan dari buah kelapa. Santan kelapa ini berkhasiat untuk menjaga kelembaban sekaligus menghilangkan ketombe dan menyuburkan rambut normal.Yaitu dengan cara menyiram rambut pakai santan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai satu jam, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih dan tidak lengket,” ungkap dr Irene Ekarini.

Untuk rambut yang tidak bermasalah, perawatan cukup dilakukan setiap satu atau dua minggu sekali. Sebaliknya, perawatan minimal dilakukan satu minggu sekali pada rambut bermasalah, semakin sering semakin baik.

Perawatan intensif ini dilakukan hingga rambut kembali sehat. Jangan lupa, saat melakukan perawatan, diamkan bahan buah itu pada kepala selama kurang lebih 20-30 menit. Sehingga, sari bahan tersebut dapat diserap dengan baik oleh akar rambut. Baru kemudian cuci rambut sampai bersih.

“Perawatan dapat dikerjakan kapan saja, pagi, siang atau sore hari, pokoknya saat Anda senggang,” tandasnya.

Category: Edukasi

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. irawan oil natural says:

    Sebuah inovasi yang diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai macam permasalahan rambut dan kulit kepala seperti kerontokan, kebotakan, penipisan rambut, ketombe, alopecia, kulit kepala kering dan uban.

    Thamrin City Lt. 3A blok A12 No. 10 – 11
    Jl. Thamrin Boulevard – Jakarta Pusat 10230
    Phone: 021 – 26147487
    sms : 0878 8323 1038

Leave a Reply

%d bloggers like this: