Edukasi Untuk Pasien Diabetes

| October 18, 2012 | 0 Comments

Pada pasien yang sudah terdiagnosis diabetes mellitus harus memperhatikan dan mengubah pola hidupnya agar memperoleh kualitas hidup yang lebih baik, untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  yaitu : Pengukuran kadar gula darah secara teratur (sesuai petunjuk dokter), olah raga secara teratur, pengaturan pola makan (diskusi dengan ahli gizi sehingga pasien memperoleh jadwal pola makan yang terkendali dan sesuai dengan kondisi pasien), kurangi/tiadakan rokok dan kontrol rutin kedokter.

Bagi penderita diabetes mellitus jangan dilupakan masalah sepele seperti foot care (perawatan kaki), ini berlaku baik pada penderita DM dengan ulkus DM ataupun yang belum terkena ulkus DM, sebab luka kecil akibat luka potong kuku, bisa menjadi problem yang serius pada penderita DM jika tidak diperhatikan dan tidak ditangani dengan baik.

Pada penderita DM wanita yang masih produktif, tidak menutup kemungkinan terjadi kehamilan. Untuk itu, jika terdapat kehamilan pada penderita DM segeralah konsultasi dengan dokter spesialis Obsgyn/langkah-langkah selanjutnya.

Yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa penderita DM harus berhati-hati ketika mengendarai kendaraan bermotor sebab dalam keadaan tertentu terkadang terjadi hipoglikemia, yang berakibat pada kecelakaan lalu lintas.

Sumber  :  Majalah ‘afiyah edisi 01 volume 1

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: