Efek buruk konsumsi gula secara berlebihan

| December 9, 2016 | 0 Comments

makanan-manisGula bukanlah zat makanan yang berbahaya bagi tubuh, bahkan ada manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi gula. Namun jangan sampai mengkonsumsi gula secara berlebihan karena dapat membahayakan kesehatan. Salah satu efek negatif dari gula adalah dapat menyebabkan diabetes. Nah berikut beberapa efek buruk dari konsumsi gula secara berlebihan.

KOMPAS.com – Manfaat gula tak semanis rasanya jika dikonsumsi berlebihan. Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan konsumsi gula tak lebih dari 50 gram atau 4 sendok makan per orang per hari. Batasan konsumsi gula tersebut tentu karena alasan kesehatan.

Seperti dikutip dari Medical Daily, berikut empat efek buruk dari konsumsi gula yang berlebihan.

1. Gula bikin ketagihan

Gula ternyata bersifat adiktif atau bikin ketagihan. Ketika konsumsi gula, otak akan terangsang untuk melepaskan dopamin sehingga membuat ketagihan. Dopamin juga biasa diproduksi ketika seseorang konsumsi alkohol dan narkoba.

Dengan begitu, seseorang yang sering makan terlalu banyak gula akan memiliki keinginan lebih untuk makan makanan manis atau tinggi kalori.

2. Mempercepat penuaan

Efek gula yang selama ini kita kenal adalah meningkatkan berat badan. Nyatanya, gula juga dapat mempercepat penuaan.

Terlalu banyak konsumsi gula bisa memecah kolagen dan elastin di kulit, sehingga kulit mudah keriput dan mengendur.

Padahal, kolagen dan elastin membantu memerbaiki sel-sel di kulit dan membuat kulit lebih elastis.

3. Makan berlebihan

Konsumsi tinggi gula dapat mematikan sistem oksitosin anorexigenic di otak, yaitu hormon yang memberikan sinyal bahwa tubuh sudah cukup makan.

Ketika otak tidak melepaskan hormon yang memberi sinyal tersebut, seseorang pun akan terus merasa lapar sehingga makan berlebihan. Hal ini salah satu yang memicu kegemukan.

4. Menurunkan kemampuan otak

Adanya brain-derived neurotrophic factor (BDNF) membantu otak untuk belajar dan membentuk ingatan atau memori baru. Nah, gula dapat menurunkan tingkat BDNF.

Ketika tingkat BDNF rendah, kemampuan otak pun bisa menurun, seperti ingatan berkurang dan sulit memelajari hal baru, atau menurunnya kemampuan kognitif.

Mengetahui 4 efek konsumsi gula berlebihan tersebut, bukan berarti nda harus menghentikan konsumsi gula. Yang perlu dilakukan adalah mengurangi atau membatasi konsumsi gula dan hindari pemanis buatan.

Kathleen Page, MD, dari Keck Medicine-USC mengatakan, gula juga dibutuhkan sebagai bahan bakar sel-sel di seluruh tubuh, termasuk di otak.

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: