Hiperpigmentasi Pada KUlit

| October 26, 2012 | 0 Comments

Hiperpigmentasi pada kulit. Hiperpigmentasi adalah suatu akibat peningkatan atau perubahan warna kulit. Hal ini biasanya tidak bahaya pada kesehatan kulit kita.

Gejalanya adalah sebagai berikut  :

ini merupakan gambar Hiperpigmentasi kulit

Hiperpigmentasi kulit

  • Terjadi macular discoloration (perubahan warna kulit) yang menetap pada wajah atau pada area lain yang terpapar sinar matahari.
  • Beberapa hiperpigmentasi dapat terjadi pada area trauma atau area yang mengalami peradangan. Lalu bagaimana cara mengatasi gejala tersebut?

Untuk mengatasi hiperpigmentasi yaitu, dengan  cara mengurangi tingkat pigmentasi pada area yang dipengaruhi sehingga sifat kulit pada area ini cocok dengan  jenis kulit normalnya. Sejumlah agen topikal telah digunakan pada sediaan pemutih kulit, akan tetapi hanya hydroquinone yang diajukan oleh FDA. FDA telah merekomendasi bahwa hydroquinone pada konsentrasi 1,5% – 2,0% diperbolehkan untuk penggunaan pada produk-produk nonresep. Hydroquinone didosiskan untuk diaplikasikan tipis pada permukaan kulit dengan konsentrasi 2% dalam tube, secara hati-hati dan menyeluruh dioleskan pada daerah kulit. Bila tidak ada perkembangan dalam 3 bulan penggunaan dihentikan dan sebaiknya konsultasi pada dokter spesial  kulit.

Sewaktu kecerahan yang diinginkan pada kulit sudah tercapai, gunakan hydroquinone satu atau dua kali sehari untuk mencegah agar hiperpigmentasi tidak terbentuk kembali, kemudian lanjutkan menjaga area yang terpapar sinar matahari.

Jika pelembab atau agen-agen topikal lain digunakan pada waktu yang bersamaan, maka gunakan hydroquinone pada lapisan pertama kali, dan pada saat berada di luar ruangan walaupun dalam waktu singkat, gunakan sunblock atau sunscreen spektrum luas setelah penggunaan hydroquinone.

Penggunaan hydroquinone untuk mencerahkan warna kulit hanya dibatasi pada area kulit yang mengalami hiperpigmentasi saja yang menunjukkan perubahan warna.

Produk ini tidak boleh digunakan pada tahi lalat atau area yang nampak kemerah-merahan atau kebiru-biruan, daerah sekitar mata atau pada kulit yang terluka.

Rata-rata waktu yang diperlukan untuk mendapatkan respon awal adalah sekitar 6-8 minggu, namun tidak menutup kemungkinan sampai lebih dari 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang nyata. Penggunaan hydroquinone memiliki efek samping rasa gatal atau seperti terbakar pada kulit yang diaplikasi, efek samping akan ringan apabila digunakan dalam konsentrasi yang rendah. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit saat akan menggunakan produk ini, dan lakukan uji untuk reaksi alergi karena produk dengan menggunakannya pada area uji kecil serta dengan mengecek apakah timbul kemerahan, rasa gatal ataupun bengkak setelah pemakaian 24 jam.

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: