Kekurangan Zat Besi dapat Pengaruhi Kecerdasan

| March 7, 2014 | 0 Comments

kacang hijauZat Besi

Zat Besi adalah salah satu Zat yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah tubuh mengalami Lemas, Lesu, Letih, Lunglai, Lelah. Selain itu orang yang mengalami kekurangan zat besi juga bisa mengalami anemia, sementara pada ibu hamil dan bayi dapat mengakibatkan kurangnya kecerdasan calun bayi dan bayi tersebut. Ada banyak bahan makanan yang dapat mencukupi kebutuhan zat besi setiap harinya. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat mencukupi kebutuhan zat besi tubuh.

KOMPAS.com – Zat besi merupakan zat gizi mikro yang sangat penting. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan lemas, lesu, pusing, hingga anemia. Pada ibu hamil, kekurangan zat besi bisa berakibat pada gangguan tumbuh kembang dan kecerdasan calon bayinya.

Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan asupan zat besi yaitu 18 mg per hari. Untuk mencukupinya, maka pastikan makanan-makanan berikut selalu ada di dalam menu makan Anda.

Lentil
Satu cangkir lentil mengandung 6,59 mg zat besi. Selain itu, lentil juga memiliki kandungan serat dan vitamin A.

Bayam
Satu cangkir bayam mengandung 6,43 mg zat besi. Sayuran hijau satu ini pun kaya akan vitamin A, kalsium, dan potasium yang bermanfaat untuk menguatkan otot.

Nasi putih
Satu cangkir nasi putih mengandung 7,97 mg zat besi. Nasi putih juga merupakan sumber karbohidrat yang baik. Tak hanya itu nasi putih kaya akan zat Mangan, namun rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

Daging sapi
Delapan puluh lima gram daging sapi mengandung 5,24 mg zat besi. Tak hanya itu, daging sapi juga kaya protein yang baik untuk pembentukan otot.

Kacang merah
Satu cangkir kacang merah mengandung 5,2 mg zat besi. Meski bentuknya kecil, tak ada yang memungkiri kandungan gizi dari bahan pangan satu ini. Selain zat besi, kacang merah juga dikenal sebagai sumber serat, vitamin C, dan protein.

Tiram
Tak hanya mutiara yang Anda bisa temukan dalam tiram, tapi juga zat besi. Delapan puluh gram tiram mengandung 5,91 mg zat besi. Tiram juga kaya akan kalsium dan afrodisiak alami.

Tomat
Tomat merupakan sayuran yang mengandung zat besi cukup tinggi. Satu cangkir tomat mengandung 3,39 mg zat besi. Tomat juga merupakan sumber antioksidan yang melawan penuaan dan penyakit.

Kacang chickpea
Dikenal juga dengan kacang garbanzi. Bentuknya mirip kemiri kecil berwarna kuning muda. Satu cangkirnya mengandung 4,74 mg zat besi. Kacang ini juga merupakan sumber serat yang baik yang menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

Kentang
Kandungan zat besi pada kentang cukup tinggi. Satu umbi kentang kecil mengandung 2,7 mg zat besi. Kentang pun dapat diolah menjadi banyak jenis makanan.

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: