Keluhan Para Pasien Diabetes Millitus

| March 21, 2012 | 0 Comments

Berikut ringkasan Keluhan para pasien diabetes millitus

Walaupun pada stadium awal DM biasanya asimptomatik (tidak menunjukkan gejala), Namun secara umum terdapat beberapa keluhan pada diabetes. Keluhan pada penderita DM dibagi menjadi 2 yakni keluhan klasik dan keluhan lain, sementara itu kecurigaan adanya DM perlu dipikirkan apabila terdapat keluhan

– klasik DM berupa : Poliuri, polidipsi, polifagi, poliuri  : artinya adalah keinginan/aktivitas kencing yang meningkat atau cenderung berlebihan, Polidipsi : artinya adalah keinginan minum/kehausan yang berlebihan dan Polifagia : artinya adalah keinginan atau aktifitas makan yang meningkat atau berlebihan. Disertai penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya.

– Keluhan lain dapat berupa : lemah badan, kesemutan, gatal, mata kabur, dan difungsi ereksi pada pria, serta pruritus vulva pada wanita.

Jika terdapat gejala klasik seperti diatas maka segeralah periksa kedokter / pelayanan kesehatan terdekat sehingga bisa dideteksi ada atau tidaknya DM, hal ini dimaksudkan agar ketika memang positif DM penderita bisa segera mendapatkan rencana terapi lebih dini. Dengan perawatan lebih dini diharapkan berbagai komplikasi yang mungkin timbul dapat diminimalisir.

Sumber  :  Majalah ‘afiyah edisi 01 volume 1

 

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: