kenali 10 gejala awal penyakit tumor otak

| June 11, 2016 | 0 Comments

otak manusiaOtak adalah organ tubuh yang sangat vital. Didalamnya terdiri dari jutaan sel saraf yang mengendalikan seluruh tubuh. Akan sangat berbahaya bila otak mendapat gangguan. Itulah sebabnya mengapa otak dilindungi oleh tengkorak yang merupakan tulang yang sangat kuat. Namun hal itu bukanlah menjadi jaminan otak terhindar dari gangguan dan penyakit. Penyakit tumor otak adalah salah satu penakit yang sangat berbahaya dan telah banyak orang yang mengalaminya.

Namun lemahnya pengetahuan gejala dai penyakit tumor otak oleh masyarakat menjadikan penanganan penyakit ini sangat sulit karena kebanyakan datang ke petugas kesehatan setelah tumor sudah besar. Untuk meminimalkan hal tersebut, berikut adalah 10 tanda awal atau gejala dari penyakit tumor otak yang harus kita ketahui.

KOMPAS.com – Tumor otak adalah pertumbuhan sel abnormal di otak. Seperti tumor di organ tubuh lainnya, tumor otak dibagi menjadi jinak dan ganas (kanker).

Belum diketahui pasti penyebab tumor otak. Namun, beberapa peneliti menduga, tumor otak disebabkan oleh masalah genetik, paparan bahan kimia, dan radiasi yang berlangsung terus menerus.

Sering kali orang terlambat mengetahui adanya tumor otak dan tak menyadari gejala yang muncul. Ketika tumor membesar dan mulai terasa mengganggu kesehatan, barulah keberadaan tumor otak diketahui.

Gejala tumor otak pun sangat bervariasi tergantung pada lokasi tumor, ukuran, dan perkembangan pertumbuhan tumor. Untuk itu, kenali 10 gejala umum tumor otak berikut seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah gejala paling umum dari tumor otak. Biasanya, sakit kepala atau terasa pusing di pagi hari dan rasa sakit selalu di tempat yang sama. Jika sakit kepala sering terjadi dan semakin parah, periksalah ke dokter.

2. Mual dan muntah

Merasa mual pada pagi hari bisa menjadi salah satu gejala tumor otak.

3. Gangguan penglihatan

Jika tumor tumbuh di sekitar lobus oksipital, bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Penglihatan menjadi kabur dan kesulitan mengidentifikasi objek dan warna.

4. Kehilangan sensasi

Ketika seseorang memiliki tumor di daerah lobus parietal, akan kehilangan sensasi emosi dan memengaruhi gerakan di sekitar lengan maupun kaki. Hal ini karena tumor telah mengganggu sistem saraf.

5. Masalah keseimbangan

Pertumbuhan tumor di otak bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh. Tumor yang tumbuh di otak kecil mempengaruhi gerakan mereka.

6. Kesulitan bicara

Tumor juga bisa memengaruhi kemampuan bicara seseorang ketika tumbuh di sekitar lobus temporal. Jika tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara, periksalah ke dokter, gejala ini juga bisa menjadi tanda stroke.

7. Kebingungan

Tumor otak di lobus parietal menyebabkan seseorang kesulitan memahami berbagai sensasi. Hal ini bisa membuat seseorang selalu merasa kebingungan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

8. Perubahan perilaku

Bagi seseorang yang memiliki tumor di lobus frontal, bisa mengalami kesulitan dalam mengendalikan perilaku dan memiliki masalah dalam menerima informasi baru.

9. Kejang

Kejang juga salah satu gejala umum kanker otak yang terjadi tanpa disadari. Jika sebelumnya tidak punya riwayat kejang, waspadai tumor otak.

10. Gangguan pendengaran

Tak hanya gangguan penglihatan, adanya tumor pun bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini jika lokasi tumor berada di lobus temporal.

Category: Edukasi

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: