Makanan dan buah yang bis ameningkatkan trombosit dalam darah

| February 9, 2016 | 0 Comments

jambu merahTrobosit atau keping darah adalah dalah datu komponen dalam darah yang berfungsi untuk proses pembekuan darah. Trombosit ini akan bekerja ketika terjadi luka dan pembuluk darah rusak, dan akan membentuk benang-benang fibrin yang akan menutup kerusakan atau luka tersebut. Kekurangan trobosit akan sngat bahaya, karena luka akan sulit untuk kering dan darah akanterus keluar dan bisa menyebabkan kekurangan darah. Orang yang mengalami kekurangan trombosit biasanya adalah mereka yang terinfeksi penyakit demam berdarah. Cara yang paling mudah untuk mengatasi trombosit yang turun adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar trombosit darah. Berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan trombosit seperti yang diulas si kompas.com.

KOMPAS.com – Saat jumlah trombosit menurun maka sistem kekebalan tubuh pun ikut melemah. Akibatnya Anda menjadi tidak dapat dalam melawan penyakit. Di musim merebaknya demam berdarah dengue seperti saat ini, penting untuk mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus.

Berikut adalah makanan penambah trombosit yang bisa Anda konsumsi agar kadar trombosit dalam darah mencukupi.

1. Kurma

Kurma tinggi akan zat besi serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menambah trombosit secara alami.

2. Angkak

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan tikus putih sebagai objeknya ternyata terbukti bahwa Angkak mampu meningkatkan jumlah tromosit secara signifikan. Karena khasiatnya inilah, Angkak dapat digunakan sebagai obat demam berdarah.

Efek Angkak pada penderita demam berdarah sangat cepat, tidak perlu menunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya. Selain menaikkan trombosit, Angkak juga menurunkan Kolesterol.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk makanan penambah trombosit karena mengandung vitamin K yang baik dikonsumsi ketika jumlah trombosit menurun. Selain bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keping darah.

4. Jambu Merah

Jambu biji merah sangat kaya akan vitamin C, bahkan kandungan vitamin C-nya lebih tinggi dari buah-buah lainnya, sehingga tak heran bila buah ini sangat baik untuk mempertahankan daya tahan dan kebugaran tubuh.

5. Gandum Utuh

Konsumsi gandum utuh lebih baik daripada mengkonsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat Anda saat sakit. Sebab gandum kaya akan serat, nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.

Demikian beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan trombosit darah, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Category: Edukasi

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: