Manfaat Susu kambing dan Susu kedelai

| March 17, 2015 | 0 Comments

susu kedelai dan susu kambingBanyaknya Manfaat susu bagi tubuh memang tidak bisa diragukan lagi, sebab susu kaya akan nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Namun tahukah Anda bahwa disetiap jenis susu mempunyai kandungan nutrisi yang sedikit berbeda? Hal Itulah yang membuat manfaatnya juga berbeda.

Ada beberapa jenis susu yang ada disekitar kita berdasarkan asal didapatnya. Ada Susu Ibu (ASI), Susu Sapi, Susu Kambing, Susu Kedelai, dan masih banyak yang lainnya. Setiap susu tersebut memiliki kandungan dan khasiat yang berbeda bila dikonsumsi, walaupun ada juga beberapa kesamaannya.

Nah.. untuk saat ini akan kita bahas kandungan dari Susu Kambing dan Susu Kedelai yang berdasar beberapa penelitian memiliki manfaat yang begitu banyak. Apa sajakah manfaat dan kandungan dari 2 jenis susu tersebut? Simak berikut ini;

Susu Kedelai

Susu ini didapat dari bahan utama kedelai yang diambil sarinya. Jadi Susu kedelai termasuk susu nabati.

Manfaat Susu Kedelai

  • Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke

Manfaat susu kedelai lainnya adalah Vitamin E yang mampu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Susu kedelai juga mengandung asam Folat dan Vitamin B6 yang sangat bermanfaat mencegah penyakit jantung. Kandungan magnesium dalam susu kedelai dapat mengatur tekanan darah seseorang.

Kandungan lesitin dalam susu kedelai berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan kandungan isoflavon mampu berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Ingin jantung sehat, minum susu kedelai.

  • Mencegah kencing manis / diabetes mellitus

Kandungan protein dalam susu kedelai ternyata lebih mudah untuk diterima oleh ginjal dibandingkan protein lainnya yang berasal dari hewan. Jadi mengkonsumsi susu kedelai adalah sangat baik bagi penderita diabetes.

  • Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis

Susu kedelai mengandung isoflavon dan vitamin E yang bisa mengatasi sindroma menopause dan juga mencegah osteoporosis.

  • Mencegah migrain

Susu kedelai kaya akan kandungan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) yang mampu untuk mencegah dan meredakan migrain. Jadi salah satu manfaat susu kedelai adalah meredakan migrain.

  • Sebagai anti kanker

Susu kedelai mengandung zat antioksidan (seleniu, vitamin E, isoflavon dan Genistein.) yang dapat menangkal seragan radikal bebas pemicu kanker.

  • Untuk mencegah penuaan dini

Manfaat susu kedelai yang lain adalah mencegah penuaan dini. Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging, vitamin E pun terkandung didalamnya. Jadi, mengonsumsi susu kedelai ini akan terlihat awet muda.

  • Mengatasi Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa adalah sistem pencernaan yang tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa atau lemak susu dengan baik akibat terbatasnya enzyme laktase dalam tubuh yang berfungsi untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna oleh usus. Sehingga tidak baik untuk memberikan susu sapi kepada balita yang mengalami intoleransi laktosa. karena susu sapi mengandung laktosa. Gejalanya berupa mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut yang lain. Sebagai gantinya anda bisa memberikan susu kedelai kepada balita diatas 1 tahun sebagai pendamping ASI.

  • Pengganti susu sapi bagi autis

Salah satu manfaat susu kedelai adalah bisa digunakan sebagai minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme. Autisme adalah keadaan seseorang yang sejak lahir ataupun saat masa balita tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Susu sapi dan keju adalah alah satu sumber kasein atau protein susu dan glutein atau protein tepung jadi tidak baik diberikan pada penderita Autisme. Karena kasein dan glutein bisa menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan autisnya semakin parah. Jadi pemberian susu dan keju bisa diganti dengan susu kedelai.

  • Pengganti susu sapi bagi para vegetarian

Para vegetarian menjauhi makanan yang berasal dari hewan, oleh karena itu harus ada solusi untuk para vegetarian. Karena kandungan gizi susu kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin, sumber mineral, sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak. Sehingga sangat baik jika dijadikan pengganti susu sapi bagi para vegetarian.

Susu kambing

Susu Kambing adalah Air susu dari hewan ternak kambing, Yang paling sering digunakan dan bahkan dikomersilkan adalah susu kambing Etawa.

Manfaat susu kambing :

  • Susu kambing tidak menimbulkan alergi – susu ini tidak berisi protein kompleks yang merangsang reaksi alergi seperti pada susu sapi.
  • Susu kambing tidak menekan sistem kekebalan.
  • Susu kambing membasakan sistem pencernaan. Susu ini berisi alkali basa sehingga tidak menghasilkan asam dalam sistem usus.
  • Susu kambing membantu meningkatkan pH aliran darah.
  • Susu kambing mengandung asam lemak seperti asam kaprilat dan kaprat yang sangat antimikroba. (Mereka benar-benar membunuh bakteri yang digunakan untuk menguji keberadaan antibiotik dalam susu sapi!)
  • Susu kambing tidak menimbulkan lendir dan tidak merangsang respons pertahanan sistem kekebalan tubuh manusia.
  • Susu kambing merupakan sumber yang kaya mineral selenium sebagai nutrisi yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan bersifat antioksidan.

Kandungan dalam Susu Kambing

  1. Energi Susu Kambing = 67 kkal
  2. Protein Susu Kambing = 3,3-4,9 gr
  3. Lemak Susu Kambing = 4,0-7,3 gr
  4. Karbohidrat Susu Kambing = 4,5 gr
  5. Kalsium Susu Kambing = 134 mg
  6. Fosfor Susu Kambing = 111 mg
  7. Zat Besi Susu Kambing = 0,06 mg
  8. Vitamin A Susu Kambing = 185 IU

Kandungan dalam Susu Kedelai :

  1. Energi Susu Kedelai = 41 kkal
  2. Protein Susu Kedelai = 3,5 gr
  3. Lemak Susu Kedelai = 2,5 gr
  4. Karbohidrat Susu Kedelai = 5 gr
  5. Kalsium Susu Kedelai = 50 mg
  6. Fosfor Susu Kedelai = 45 mg
  7. Zat Besi Susu Kedelai = 1 mg
  8. Vitamin A Susu Kedelai = 200 IU

Demikian Beberapa manfaat Kandungan dari Susu kambing dan susu kedelai. Kesimpulannya bahwa setiap susu memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda dan semuanya baik untuk tubuh. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Category: Edukasi

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: