Menjaga Ulkus Kaki Diabetes dari Infeksi

| November 19, 2012 | 0 Comments

Ada beberapa faktor penting untuk menjaga ulkus kaki diabetes dari infeksi  :

  • Jaga kadar glukosa darah dibawah kontrol ketat. Mengontrol glukosa darah adalah sangat penting selama pengobatan ulkus kaki diabetik. Bekerja sama dengan tenaga kesehatan untuk mencapai hal ini akan meningkatkan peyembuhan dan mengurangi resiko komplikasi.
  • Jaga ulkus bersih dan diperban. Ilmu perawatan luka telah meju secara signifikan selama sepuluh tahun terakhir. Pikiran lama bahwa”biarkan udara masuk untuk sembuh”. Sekarang dikenal berbahaya untuk penyembuhan. Sekarang diketahui bahwa luka dan bisul sembuh lebih cepat, dengan resiko rendah infeksi, jika mereka tetap tertutup dan lembab. Penggunaan betadine kekuatan penuh, peroksida, pusaran air dan merendam tidak dianjurkan, karena hal ini dapat mengakibatkan komplikasi lebih lanjut.
  • Bersihkan luka setiap hari, menggunakan dressing luka atau perban. Manajemen luka yang tepat termasuk penggunaan dressing dan obat-obatan topikal yang diaplikasikan. Ini berkisar dari normal saline untuk produk canggih, seperti faktor pertumbuhan, dressing ulkus, dan pengganti kulit yang telah terbukti sangat efektif dalam peyembuhan ulkus kaki. Untuk penyembuhan luka harus ada sirkulasi yang memadai untuk area ulserasi untuk mencapai kesembuhan.
  • Jangan berjalan tanpa alas kaki. Untuk peyembuhan optimal, luka terutama yang dibawah kaki harus off-load (mengurangi tekanan pada kaki yang luka). Pasien mungkin diminta untuk memakai alas kaki khusus atau menggunakan kursi roda atau kruk. Perangkat ini akan mengurangi tekanan dan iritasi pada daerah ulkus kaki diabetes dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Artikel berikutnya akan membahas tentang cara perawatan kaki pada penderita diabetes agar tidak mengalami ulkus diabetes.

Sumber : Majalah ‘afiyah edisi 01 volume 1

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: