Olah raga Sangat Dianjurkan Bagi Penderita Diabetes Mellitus

| January 14, 2013 | 0 Comments

Olah raga sangat dianjurkan bagi penderita DM karena dengan olah raga dapat menurunkan kadar gula darah. Olah raga yang disarankan adalah kegiatan jasmani sehari-hari dan latihan teratur (3-4 kali dalam seminggu selama kurang lebih 30 menit) dengan prinsip CRIPE (Continuous-Rythmical-Interval-Endurance).

Selain dengan olah raga disarankan bagi penderita diabetes mellitus untuk mengombinasikan dengan terapi diet, hal ini cukup efektif bagi merika yang overweight. Dengan kedua kombinasi terapi ini diharapkan dapat menurunkan berat badan yang berkolerasi positif terhadap penurunan kadar gula darah, namun dalam pelaksanaan olah raga tersebut harus memperhatikan beberapa aturan seperti dibawah ini  :

  • Pelaksanaan olah raga sebaiknya dimulai yang intensitasnya ringan kemudian ditingkatkan secara perlahan secara gradual. Oah raga sebaiknya ditunda pada pasien dengan kadar gula darah > 300 mg/dl.
  • Jika memungkinkan pasien DM sebaiknya melakukan olah raga setelah makan untuk menurunkan hiperglekimia post prandial (kenaikan gula darah seteah makan).
  • Pasien DM sebaiknya menghindari olah raga selama aksi insulin sedang maksimal atau menghidari mengolahragakan ekstremitas setealah penyuntikan insulin.

Sumber  :  Majalah ‘afiyah edisi 01 volume 1

Category: Edukasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: