Wortel Berperan Sebagai Pendukung Diet

| April 9, 2011 | 2 Comments

Wortel merupakan sayuran yang tumbuh didalam tanah berwarna merah. Sayur yang satu ini kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan mata. Wortel atau lobak merah merupakan salah satu sayur yang bisa dibuat dengan bervariasi menu sebagai hidangan sehari-hari, yang bagus untuk dikonsumsi sebagai kesehatan. Wortel selain sebagai vitamin untuk kesehatan mata, sayur ini juga berperan sebagai pendukung diet.

Wortel merupakan sayuran yang terkenal bermanfaat untuk penglihatan. Tapi ternyata wortel juga memiliki kemampuan menahan lapar sehingga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Wortel diketahui mengandung tinggi serat, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Dalam secangkir wortel mentah cincang mengandung 50 kalori, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan tidak ada lemak atau kolesterol.

Kondisi ini membuat wortel menjadi makanan dengan kadar kalori rendah tapi tinggi serat dan banyak mengandung air sehingga baik untuk menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Mayoclinic, Sabtu (9/4/2011).

Ini merupakan gambar wortel yang bagus untuk kesehatan
Wortel

Kandungan air dan serat yang tinggi juga membantu membuat seseorang merasa kenyang sehingga dapat menahan lapar lebih lama, dan membatasi orang untuk mengemil.

Selain itu wortel memiliki komponen yang bermanfaat dalam mengurangi risiko yang terkait dengan kelebihan berat badan serta obesitas.

Meskipun wortel bukan penyebab utama turunnya berat badan, tapi sayuran ini bisa memainkan peran dalam mendukung keberhasilan penurunan berat badan.

Hal ini karena dengan makan wortel secara konsisten maka seseorang akan mengonsumsi kalori yang lebih sedikit daripada yang dibakar.

Selain itu peneliti di St Andrews and University of Bristol menunjukkan bahwa wanita dan pria yang rajin makan sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuat seperti wortel dan pulm, bisa memiliki kulit kuning bercahaya yang dianggap sangat menarik dan sehat.

Dan kandungan asam retinoat yang merupakan turunan dari vitamin A tidak hanya bermanfaat bagi mata tapi juga berkhasiat sebagai antikanker. Pada sel-sel kanker senyawa ini bisa menghambat pertumbuhan dan penyebarannya di jaringan payudara.

Namun masyarakat sebaiknya tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya sehingga asupan nutrisi baik yang mikro atau pun makro tetap terpenuhi dengan baik dan tidak memicu masalah kesehatan lainnya.

Sumber  :  detik.Health

Category: Edukasi

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Tips Perut Buncit says:

    sayuran ini memang memiliki banyak sekali manfaat 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: