4 manfaat makan kacang untuk kesehatan tubuh

| June 30, 2016 | 0 Comments

kacangtanahKacang adalah salah satu jenis biji-bijian yang memiliki banyak manfaat. Namun terkadang terdapat pemahaman yang ada di masyarakat bahwa kacang adalah makanan yang bisa menimbulkan banyak masalah seperti jerawat, luka yang susah sembuh, menimbulkan gas berlebih, dll. Beberapa diantaranya mungkin benar, namun bkanberarti kita harus menghindari kacang, karena ada banyak manfaat juga didalamnya. Nah berikut beberapa manfaat kacang untuk kesehatan.

KOMPAS.com – Selama ini, banyak yang menganggap kacang sebagai makanan yang buruk, karena dapat menimbulkan gas berlebih di pencernaan. Tapi, ini bukan alasan untuk menjauhinya. Pasalnya, ada berbagai manfaat sehat yang bisa didapat dari kacang.

Para ahli merekomendasikan Anda mengonsumsi tiga cangkir kacang-kacangan perminggu, karena manfaatnya untuk kesehatan Anda. Semakin sering Anda menyantapnya, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan.

“Orang yang makan kacang secara konsisten akan berkurang kadar gas di dalam perutnya dan ini berarti mengurangi risiko kembung,” kata Cynthia Sass, MPH, RD, editor nutrisi dan penulis Slim Down Now: Shed Pounds and Inches with Real Food, Real Fast. Berikut ini manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan Anda.

  • Mengandung banyak serat

Serat membantu tubuh Anda merasa kenyang, sehingga Anda tidak perlu makan banyak sepanjang hari.

Pedoman diet saat merekomendasikan wanita mendapatkan sekitar 25 gram serat sehari. Hanya setengah cangkir kacang navy dimasak, mengandung hampir 10 gram serat.

“Serat dalam kacang tidak benar-benar pecah,” kata Sass. Itu berarti tidak akan banyak hilang walau Anda memasaknya.

  • Kacang baik untuk pencernaan

Kacang mengandung serat larut dan tidak larut, sehingga mereka bekerja ganda untuk menjaga sistem pencernaan Anda berjalan lancar.

Pertama, memperlambat pencernaan, yang memberi Anda perasaan kenyang. Kedua, membantu mencegah sembelit. Kacang-kacangan tidak menimbulkan gas berlebih seperti yang mungkin Anda pikirkan.

Sebuah studi yang dimuat dalam Nutrition Journal menguji efek dari kacang pinto dan kacang hitam pada saluran pencernaan.

Relawan penelitian makan setengah cangkir kacang pinto setiap hari selama tiga minggu. Kurang dari separuh peserta dilaporkan menderita perut kembung pada minggu pertama, tetapi sebagian besar dari mereka merasa tidak lagi kembung pada minggu ketiga.

Pastikan untuk minum banyak air untuk membantu serat bergerak melalui saluran pencernaan Anda, kata Sass.

  • Kacang dapat membantu mengatur gula darah

Selain tinggi serat, kebanyakan kacang juga indeks glikemik yang rendah.

“Tubuh membutuhkan waktu lebih lama mengolah dan menyerap serat, protein dan karbohidrat dalam kacang. Hal ini membantu Anda menjaga kadar gula tetap stabil dan menjauhkan penyakit diabetes,” kata Sass.

Kolesterol LDL (lemak buruk) dapat menempel pada dinding pembuluh darah Anda, menyebabkan peradangan dan penumpukan plak. Sistem kardiovaskular yang sehat dimulai dari apa yang Anda makan, dan kacang-kacangan adalah salah satu makanan rendah lemak yang baik bagi Anda.

“Serat larut yang ada di dalam kacang mampu mengikat Kolesterol dalam saluran pencernaan, yang mencegahnya diserap oleh darah,” kata Sass.

Alasan lain Anda sebaiknya mengonsumsi kacang setidaknya 3/4 cangkir setiap hari: Sebuah studi dalam Canadian Medical Journal menemukan, bahwa makan satu porsi kacang seperti kacang polong, buncis, atau kacang hitam setiap hari dapat mengurangi kadar LDL Anda hingga lima persen dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebanyak lima hingga enam persen.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: