6 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

| January 8, 2015 | 0 Comments

sawoBuah Sawo adalah buah yang memiliki ciri bentuknya bulat telur, berwarna kecoklatan, rasanya manis dengan biji hitam mengkilat didalamnya. Pohon Sawo tumbuh banyak dan mudah didaerah Asia Tenggara dan sangat disukai masyarakat karena rasa buahnya yang manis dan daging buahnya yang lembut. Namun tidak hanya itu yang menjadikan Buah Sawo begitu diminati. Hal lain yang menjadikan buah Sawo banyak penggemarnya adalah manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan. Berikut diantaranya.

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan kita

  • Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Buah sawo mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Sehingga jika mengkonsumsi buah sawo dengan rutin dapat membantu memelihara kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi kita. Namun, meskipun buah sawo kaya akan kalsium dan fosfor, tidak pula dianjurkan balita yang mengkonsumsinya, hal ini karena akan mengganggu proses pencernaannya. Tulang yang sehat dan kuat merupakan tabungan yang sangat berharga untuk kita di hari ini dan nanti setelah tiba masa tua. Tilang yang tidak mudah rapuh akan mampu menyangga tubuh.

  • Memelihara Mata yang Sehat

Buah sawo memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu organ mata manusia untuk tetap sehat. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata dan memperbaiki sel-sel yang mata yang rusak agar pandangan tetap baik.

  • Bagus untuk Perkembangan Anak

Manfaat buah sawo selanjutnya ialah untuk pertumbuhan pada anak. Anak-anak di usianya yang menginjak 6 tahun sudah bisa mengkonsumsi buah sawo ini. hal ini akan membantu proses tumbuh kembang anak karena buah sawo kaya akan protein nabati. Jadi anda tidak usah ragu lagi memberi anak anda buah sawo di usia tersebut, selain itu juga buah sawo memiliki rasa yang manis seperti halnya madu yang pasti akan disukai anak anda.

  • Baik Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu yang lagi hamil sangat membutuhkan kandungan vitamin C untuk membantunya meningkatkan ketahanan tubuh. Mengkonsumsi buah sawo merupakan salah satu pilihan terbaik karena buah ini mengandung banyak vitamin C. Selain dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh untuk ibu hamil, buah sawo juga mampu membantu mengatasi sembelin yang seringkali menyerang para ibu di masa kehamilannya.

  • Bermanfaat Mempercantik Kulit

Selain enak dan manis rasanya, ternyata buah sawo juga bermanfaat dalam mempercantik kulit. Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian bahwa buah sawo berkhasiat menbuat kulit terlihat bercahaya dan terjaga kelembabannya. Buah sawo yang banyak sekali mengandung vitamin E dapat mencegah terjadinya penaan dini serta keriput di kulit.

  • Mencegah Kanker Usus

Tubuh manusia memerlukan banyak serat untuk membantu proses metabolisme berjalan dengan lanjar, terjaga, dan seimbang. Buah sawo memiliki banyak kandungan serat yang mampu mencegah kanker usus jika anda secara rutin mengkonsumsinya.

Banyak sekali kan manfaat buah sawo ini. selain manfaat seperti yang di atas buah sawo ternyata juga bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah, loh. Jadi, jangan sungkan dan malu mengkonsumsi buah yang hanya dijual di pasar tradisional ini, ya!

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: