Kandungan Nutrisi dan khasiat dari Beras Hitam untuk kesehatan

| January 5, 2017 | 0 Comments

Meski tidak sepopuler beras putih ataupun beras merah yang semakin banyak dikenal, manfaat beras hitam patut dilirik. Beragam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh ada dalam beras jenis ini.

Sebenarnya beras hitam sama dengan beras putih dan beras merah pada umumnya, yaitu termasuk dalam spesies tanaman oryza sativa. Bermacam ragam varietas beras hitam, termasuk yang berasal dari Indonesia dan Thailand.

Kandungan Nutrisi pada beras hitam :

Beberapa kandungan nutrisi yang dapat diperoleh dari manfaat beras hitam, antara lain:

  • Antioksidan antisianin

Saat sudah dimasak, beras hitam akan tampak berubah warna menjadi ungu tua. Hal itu disebabkan oleh kandungan dari antioksidan antosianin  yang tinggi pada beras hitam. Kandungan antioksidan tersebut paling banyak terdapat pada kulit luarnya.

Menurut seorang ahli, antioksidan antosianin kemungkinan bermanfaat membantu melawan penyakit jantung, kanker, dan gangguan kesehatan lain. Satu sendok beras hitam memiliki kandungan antosianin lebih tinggi dibandingkan dengan satu sendok blueberi, bahkan dengan kandungan gula yang lebih sedikit.

  • Vitamin E

Kulit luar beras hitam juga kaya kandungan vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imunitas sekaligus menangkal radikal bebas. Berdasarkan beberapa studi, diketahui kandungan vitamin E yang ada dalam beras hitam dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dan mencegah sakit jantung.

  • Vitamin B

Beberapa jenis vitamin B banyak terkandung di dalam beras hitam, antara lain vitamin B1 (tiamina), B2 (riboflavin), dan B9 yang juga dikenal sebagai asam folat.

  • Mineral

Mineral yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, zinc, kalsium, mangan dan fosfor juga banyak terdapat dalam beras hitam.

Manfaat beras hitam bagi kesehatan :

  • Sebagai antioksidan yang efektif

Seperti namanya, beras hitam memiliki warna yang hitam atau bisa juga ungu gelap. Hal inilah yang mengindikasikan bahwa dalam beras tersebut terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sama seperti antioksidan yang muncul dari beberapa buah berry yaitu blueberry, raspberry, maupun cranberry.

  • Pewarna alami pada makanan

Beras hitam bisa menjadi salah satu alternative bagi para produsen makanan sebagai pewarna alami bagi produk makanan mereka.

  • Pelindung bagi kesehatan jantung

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung merupakan pembunuh terbesar bagi manusia akhir-akhir ini. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sangat penting mengkonsumsi makanan yang mampu menjaga kesehatan organ jantung, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beras hitam.

  • Membantu proses detoksifikasi tubuh

Kandungan antioksidan yang ada pada beras hitam sangat tinggi. Fitonutrient tersebut sangat berguna untuk membantu mengurangi peradangan serta membantu membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya (detoksifikasi tubuh).

  • Membangun sistem pencernaan yang sehat

Beras hitam memiliki kandungan serat alami yang sama dengan varietas beras lainnya, kandungan serat tersebut sangat berguna untuk membantu menciptakan kondisi sistem pencernaan dalam tubuh kita selalu sehat.

  • Mencegah obesitas (kegemukan)

Menerapkan beras hitam dalam diet, akan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa dikatakan bahwa beras hitam berpotensi untuk memnatu menurunkan berat badan.

  • Mengatasi diare

Kandungan serat yang terdapat dalam beras hitam selain dapat membantu memudahkan pengeluaran sisa-sisa makanan dari dalam tubuh, juga dapat membantu menambah kepadatan tinja yang nantinya akan dikeluarkan. Hal inilah yang berpotensi membantu mencegah diare.

  • Menurunkan resiko diabetes

Antioksidan serta nutrisi lainnya yang terkandung dalam beras hitam dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Kandungan serat yang terdapat dalam beras hitam akan membantu penyerapan gula (glukosa) oleh tubuh kita dalam periode waktu yang lebih lama.Dengan demikian bisa dikatakan bahwa beras hitam merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menurunkan resiko diabetes.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: