Kelebihan olahan jamur tiram untuk kesehatan tubuh

| December 20, 2016 | 0 Comments

Jamur adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada di alam yang memiliki banyak sekali jenisnya. Jamur hidup dengan menempel pada organisme lain dan kebanyakan bersifat parasit. Namun ada pula yang dengan melakukan simbiosis mutualisme sehingga saling menguntungkan. Jamur hidup pada organisme lain karena tidak memiliki klorofil sehingga tidak bisa menghasilkan makanan sendiri. Dari sekian banyak jenis jamur ada beberapa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia bila mengkonsumsinya seperti jamur tiram, jamur lingzhi, jamur kuping, dll. nah berikut kelebihan olahan jamur tiram untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jamur tiram bagi kesehatan

  • Anti Bakteri

Pada jamur tiram apabila saat dikonsumsi ternyata memiliki aktivitas antibakteri yang cukup signifikan. Seperti informasi yang diambil dari studi pada tahun 1997 yang diterbitkan oleh “Journal of Agricultural and Food Chemistry.” Mengatakan bahwa, senyawa benzaldehida aktif pada jamur tiram dapat mengurangi tingkat bakteri yang menyebabkan stres.

  • Pengendali Kolestrol Jahat

Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Namun, yang membedakannya adalah kandungan kolestrol 0% di dalamnya. Kelebihan jamur tiram dibanding dengan daging adalah jamur tiram dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolestrol jahat pada tubuh. Pada penelitian yang dilakukan oleh United Statates Drugs and Andmiration juga membuktikan bahwa mengonsumsi jamur tiram secara rutin dapat menurunkan kadar koletrol jahat pada tubuh.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jamur tiram satu ini sudah dapat dibuktikan oleh para ahli kesehatan. Kandungan vitamin C dalam jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung magnesium yang juga baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut membuat beberapa ahli merekomendasikan mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

  • Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Bagi wanita hamil yang sedang membutuhkan nutrisi yang lebih, bisa mengkonsumsi jamur tiram. Manfaat jamur tiram untuk ibu hamil yakni sebagai asupan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan dalam sehari-hari agar tumbuh kembang janin semakin baik.

  • Penghancur Virus Tumor

Zat besi terdapat pada jamur tiram memiliki peranan penting yang membantu pertumbuhan limfosit. Senyawa ini berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tumor atau virus penyakit. Bagi kaum adam, setidaknya harus mengkonsumsi 8 miligram zat besi setiap harinya sedangkan untuk wanita membutuhkan 18 miligram. Satu cangkir jamur tiram memiliki prosentasi 12 persen dari asupan sehari-hari untuk pria dan 6 persen bagi wanita.

  • Sumber Protein Alternatif

Jamur tiram mengandung asam amino yang sangat lengkap. Karena itulah, protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5-30.4% yang berarti lebih tinggi dari beras yang hanya 7.3% dan gandum yaitu 13.2%. bahkan, yang lebih mencengangkan adalah kandungan protein dalam jamur tiram bisa lebih tinggi dari pada susu sapi yang mencapai 25.2%.

  • Membantu Melawan Radikal Bebas

Jamur tiram mengandung senyawa yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh yakni riboflamin, niacin dan selenium. Antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.

  • Membantu Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Zat ergosterol pada jamur tiram akan berubah menjadi vitamin D saat terkena sinar ultraviolet. Peran dari vitamin D disini untuk mengataur enzim kekebalan tubuh dan mengatur berbagai gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel di dalam tubuh. Vitamin D pada jamur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

  • Pencegah Penyakit Kanker Payudara

Pada jamur terdapat beta-glucan dan asam linoleat. Untuk Beta-glucan sendiri dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Sedangkan asam linoleat memiliki peran untuk menekan timbulnya efek estrogen yang menyebabkan kanker payudara pada kaum hawa setelah menopause.

  • Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Jamur mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Karena dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 kali porsi dalam sehari dapat menurunkan resiko kanker prostat.

  • Dapat Mengatasi Liver

Fungsi utama dari hati adalah sebagai penawar racun dan jikatidak di jaga dengan baik akan beresiko terkena penyakit liver. Salah satu fungsi jamur tiram sebagai anti bakterial dan anti tumor yang dapat sebagai penawar racun yang terdapat dalam tubuh.

  • Dapat Menurunkan Berat Badan

Jamur memiliki kandungan protein yang tinggi akan tetapi memiliki kalori dan kolesterol yang rendah serta memiliki kandungan air yang tinggi hingga 80 %. Jamur juga kaya akan serat sehingga dapat menurunkan berat badan.

Nah, mulai sekarang Anda tidak perlu mempunyai pikiran bahwa jamur itu beracun atau jamur hanya sebagai pilihan camilan yang mengenyangkan. Setelah mengetahui khasiat jamur tiram di atas, Anda dapat menganggap jamur tiram sebagai salah satu makanan yang bergizi.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: