Khasiat dan manfaat buah kelengkeng

| January 18, 2014 | 0 Comments
kelengkeng

kelengkeng

Buah Kelengkeng adalah buah yang memiliki kulit berwarna coklat kekuningan, daging buah ber warna bening atau transparan, dan biji ber warna hitam. Buah Ini salah satu dari berbagai buah musiman artinya hanya akan berbuah pada musim tertentu dalah setahun. Ada banyak kandungan yang ada dalam buah kelengkeng dan dengan kandungan yang banyak itu, buah kelengkeng memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Khasiat dan Manfaat Buah Kelengkeng

Sebagai obat penenang

Fuktosa merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah. Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik. Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, antara lain, mengendurkan saraf. Buah ini memberikan rasa tenang berkhasiat mengatasi rasa gelisah, susah tidur dan sulit berkonsentrasi. Tak heran, orang menyebut lengkeng sebagai salah satu obat pengusir gelisah yang alami. Jika rasa gelisah mulai mendera Anda tanpa sebab, Anda tak perlu lagi mencari obat penenang. Mengonsumsi obat kimia terlalu banyak tak baik untuk tubuh.
Caranya : ambil 15 gram buah lengkeng dan 6 gram kurma cina yang diasamkan. Kukus dan berikan kepada penderita sehari 1 kali.

Untuk kecantikan

Buah Kelengkeng juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan dalam buah kelengkeng adalah agen antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit sobat akan senantiasa terjaga.

Mengendurkan saraf

Kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan ( fitokimia ) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat diantaranya mengendurkan saraf.

Sebagai obat

Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.

  • Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Hilang Nafsu Makan, Limpah Lemah Dan Diare

Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

  • Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Jari Kaki Gatal Dan Bernanah

Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

  • Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit

Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

  • Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)

“Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam air hingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.

  • Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Luka Luar Yang Tak Kunjung Sembuh

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

  • Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Lemah Dan Kurang Tenaga Saat Hamil

Minumlah setiap hari satu sendok “tonik lengkeng” pada pagi dan malam hari.

Demikian beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan kita, semoga dari yang sedikit ini dapat memberikan manfaat bagio kita semua.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: