Khasiat dan Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

| November 27, 2014 | 0 Comments

Buah Markisa

buah markisaBuah Markisa adalah salah satu buah yang awalnya bbukanlah buah asli Indonesia. Buah ini berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Namun saat ini buah MArkisa telah banyak tumbuh di Indonesia memiliki beberapa jenis. Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Buah markisa merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, buah yang memiliki rasa manis sedikit asam ini memang mengandung banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Ini dia beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan:

  1. Sumber antioksidan. Buah markisa merupakan buah dengan tinggi kandungan antioksidan yang cukup ampuh melawan berbagai macam penyakit seperti kanker dan peradangan.
  2. Menjaga kesehatan pencernaan. Buah markisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit. buah ini juga merupakan obat yang sangat baik untuk pengobatan hyperacidity, lambung dan ulkus duodenum.
  3. Sumber vitamin C. Buah markisa merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat baik. Mengkonsumsi buah markisa telah memenuhi sekitar 50 persen dari kebutuhan vitamin C harian anda.
  4. Kaya akan Beta karoten. Kandungan betkaroten dalam buah markisa dapat mendorong perkembangan tulang dan gigi, perbaikan jaringan tubuh, mengurangi risiko arthritis, penyakit Parkinson dan depresi.
  5. Mengandung folat. buah markisa diketahui merupakan salah satu dari makanan yang mengandung asam folat cukup baik, asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masa kehamilan sang ibu. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi.
  6. Kaya akan kandungan zat besi. Markisa merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam 1 cangkir buah markisa mengandung sekitar 4 mg zat besi. Membantu menstabilkan berat badan.
  7. Mengandung tinggi kalium. Buah markisa sangat kaya akan kalium . Dalam 100 g buah markisa mengandung sekitar 348 mg kalium. Kalium merupakan komponen yang sangat penting untuk membantu mengatur detak jantung dan kestabilan tekanan darah.
  8. Buah markisa dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena mengandung rendah kalori, sodium dan lemak. Walaupun rendah kalori dan juga lemak Buah markisa juga kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat secara cepat meningkatkan stamina anda setelah lelah beraktifitas.
  9. Mengandung tinggi serat. Buah markisa sumber serat yang sangat baik. Dalam 100 g buah amrkisa mengandung 10,4 g atau 27 % serat . Serat sangat dibutuhkan untuk diet dan membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu serat dalam buah markisa juga dapat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi paparan zat-zat beracun di dalam usus besar serta mengikat bahan kimia yang merupakan penyebab terjadinya kanker di usus besar.
  10. Baik bagi penderita asma. buah markisa nutrisi yang dapat meringankan serangan asma. Selain karena buah ini mengandung vitamin C, markisa juga memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala penyakit asma.

Demikian Sedikit penjelasan mengenai Khasiat dari Buah markisa, semoga dapat menambah pengetahuan dan pemahanan kita akan khasiat dari berbagai buah yang ada di sekitar kita. Salam Sehat Selalu…

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: