Khasiat dan Manfaat Tumbuhan Srikaya dari akar sampai daun

| November 20, 2014 | 0 Comments

srikayaBuah Srikaya adalah buah yang memiliki rasa manis dengan ciri buah berbentuk mengelembung kulit buah berwarna hijau dan daging buahnya berwarna putih. Tumbuhan srikaya termasuk tumbuhan perdu yang mamppu tmbuh disetiap daerah asalkan ada sinar matahari yang cukup. Tanaman ini akan mulai berbuah setelah berusia 3-5 tahun dan tinggi tanaman mencapai 8 meter.

Selain rasa buahnya yang manis, hampir seluruh bagian (daun, biji, akar, batang, kulit) srikaya bermanfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasannya :

  • Akar srikaya

Mempunyai rasa yang pahit dan sifatnya dingin, mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene, alkaloid anonain, saponil, tanin dan polifenol. Berkhasiat sebagai antiradang , antidepresi. Biasanya digunakan untuk mengatasi sembelit, disentri akut, depresi mental dan nyeri tulang punggung.

  • Daun srikaya

Mempunyai rasa yang pahit dan kelat, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat astringen, antiradang, peluruh cacing usus (antheimintik) serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Daun srikaya digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat, darah tinggi, diare, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skables, kudis, dan ekzsema.

  • Biji buah srikaya

Biji buah srikaya mengandung minyak, resin dan bahan beracun yang bersifat iritan. Biji buah srikaya berkhasiat memancu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida).

  • Kulit kayu

Kulit kayu srikaya mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene dan alkolid anonain, berkhasiat astringen dan tonikum, bisa digunakan untuk mengatasi diare, disentri dan luka berdarah.

  • Buah srikaya

Buah srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kalsium tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah srikaya juga bisa melindungi kita dari penyakit jantung.

Buah srikaya yang masih muda mengandung tanin dan berkhasiat untuk mengatasi diare, disentri akut dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).

Demikian sedikit penjabaran akan khasiat dan manfaat dari tumbuhan Srikaya dari akar sampai daunnya, semoga dengan ini dapat menambah pengetahuan kita akan manfaat dari aneka tanaman yang ada disekitar kita.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: