Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda

| September 10, 2015 | 0 Comments

kelapa mudaAir kelapa merupakan minuman isotonik yang sangat kaya akan nutrisi alami. Ia memiliki kandungan elektrolit, klorida, kalium, natrium, protein, dan magnesium yang sangat tinggi. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungangula dalam jumlah sedang.  Air kelapa ini juga merupakan sumber serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C.

Kandungan Nutrisi dalam kelapa hijau

Air kelapa hijau memiliki beberapa kandungan nutrisi alami seperti potasium, klorida, magnesium, dan elektroli., serat makanan, riboflavin, vitamin C dengan jumlah gula yang sedang, natrium, dan protein. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu minuman terbaik bagi tubuh, khususnya bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan.

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda :

  • Melawan Morning sickness

Morning sickness merupakan gangguan semasa kehamilan yang ditandai dengan mual maupun muntah. Biasanya gejala ini akan hilang saat usia kandungan mencapai 3 bulan. Kandungan elektrolit dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat terjadinya muntah.

  • Mencegah dehidrasi

Wanita yang sedang hamil memiliki resiko yang besar terhadap terjadinya dehidrasi. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya saja karena sering muntah sehingga cairan dalam tubuh banyak yang keluar. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah dan lemah. Kandungan elektrolit dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang, terutama semasa kehamilan.

Minum air kelapa hijau yang masih muda dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan  ketika sedang hamil, dimana hal tersebut akan mendukung peningkatan volume darah, pemeliharaan volume cairan amnion dan sirkulasi janin.

The Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil seharusnya mengkonsumsi total 3 liter air per harinya. 20% cairan ini berasal dari kelembaban dalam makanan yang Anda makan, dan sisanya yaitu 80% berasal dari air minum maupun minuman yang bebas dari kafein. Minum air kelapa merupakan bagian dari asupan cairan yang dibutuhkan tersebut.

  • Menjernihkan air ketuban

Kandungan elektrolit dan antioksidan dalam air kelapa hijau dapat membersihkan dan menjernihkan air ketuban. Kedua zat tersebut mampu menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban. Hal ini menunjukkan bahwa mitos yang selama ini beredar dalam masyarakat yang mengatakan bahwa air kelapa dapat membuat kulit bayi menjadi putih, adalah salah. Yang benar adalah  air kelapa membuat air ketuban menjadi bersih.

  • Menjaga tekanan darah

Kandungan elektrolit seperti  klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin yang terdapat dalam air kelapa hijau mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Serta berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Sistem metabolisme tubuh selama kehamilan

Masa-masa kehamilan merupakan masa yang rentan bagi para wanita, dimana ia bisa mengalami berbagai gangguan sistem metabolisme. Hal ini nantinya dapat berdampak buruk pada perkembangan janin di dalam rahim, seperti bayi terlahir dengan bobot yang rendah, serta gangguan sistem metabolisme si bayi di masa mendatang.

Dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil banyak mengandung protein, serat, mangan, serta kandungan vitamin C yang diketahui sangat berperan untuk meningkatkan sistem metabolisme para wanita dalam masa kehamilannya.

  • Menghilangkan racun dan mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan gangguan kehamilan yang terjadi saat hamil. Hal ini bisa karena urin pada saluran kencing yang disebabkan oleh perubahan mekanis dan hormonal yang terjadi pada kehamilan. Selain itu, peningkatan hormon progesterone yang terjadi pada masa kehamilan dapat menambah besar dan berat rahim yang dapat mengakibatkan pengenduran otot-otot saluran kencing. Akibat dari gangguan ISK ini bisa membuat bayi meninggal dalam rahim. Kandungan berbagai macam nutrisi dalam air kelapa hijau yang masih muda dapat berfungsi sebagai diuretik alami serta dapat  mengeluarkan zat-zat racun yang ada dalam tubuh melalui urin.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Perubahan hormonal yang terjadi semasa kehamilan dapat menekan perut ibu hamil. Hal ini akan mengakibatkan adanya gangguan pencernaan atau yang disebut sebagai dispepsia. Biasanya gejala dari gangguan ini meliputi timbulnya rasa nyeri pada perut bagian atas, sehingga menimbulkan beberapa keluhan seperti mual, muntah, perut kembung serta perasaan kenyang.

Anda dapat meringankan rasa tidak nyaman ini atas gangguan pencernaan tersebut dengan mengkonsumsi air kelapa hijau yang masih muda. Hal itu disebabkan karena kandungan potasium, klorida, magnesium, dan elektrolit dalam buah ini yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan fungsi usus, sehingga dapat membantu meringankan beberapa keluhan seperti konstipasi, mulas, maupun gangguan pencernaan lainnya semasa kehamilan.

  • Mengatasi fluktuasi BP

Menurut seorang ahil diet, olahraga dan gizi ibu hamil yang berasal dari mumbai India bernama Agarwal Deepshikha, menyatakan bahwa, “Air kelapa sarat akan mineral mikro yang dapat membantu untuk mengatasi fluktuasi BP, terutama pada trimester terakhir. Mengkonsumsi segelas air kelapa secara rutin 1 kali sehari dapat membantu mengatur BP.”

Sebuah riset menunjukkan bahwa manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam  tubuh, karena kandungan air tesebut tidak ada unsur  lemak dan kolesterol. Jadi, bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan tak perlu khawatir mengkonsumsinya, karena hal tersebut justru akan menambah kesegaran tubuh serta tubuh terlihat lebih berisi.

  • Mencegah kram

Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kram pada kaki bagi beberapa wanita. Kandungan beberapa senyawa kimia dalam air kelapa hijau seperti kalium, dapat dijadikan alternative utama untuk menyembuhkan gangguan tersebut.  Segelas air kelapa hijau  atau setara denagan 330 ml, dapat menyajikan hingga 670 mg kalium. Itu berarti sekitar 14% kebutuhan pasokan kalium semasa kehamilan bisa dipenuhi oleh air kelapa hijau.

Menurut sebuah artikel yang dimuat dalam jurnal “diabetes care” pada tahun 2009 menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan diet yang kaya akan  karbohidrat kompleks dan rendah gula sederhana dapat mengurangi risiko terkena diabetes gestasional. Diabetes gestaional atau atau Diabetes Melitus Gestasional / GDM merupakan sejenis diabetes melitus yang terjadi hanya pada masa kehamilan saja dan akan pulih setelah proses melahirkan.

Hal ini biasanya terjadi pada saat usia kandungan mencapai 6 bulan, karena adanya peningkatan glukosa dalam darah yang melebihi batas normal. Meskipun sebagian orang beranggapan bahwa situasi tersebut merupakan hal alami yang dialami oleh setiap wanita hamil dan kondisinya akan segera pulih pasca melahirkan nanti, namun hal tersebut harus tetap ditangani dengan sebaik-baiknya, karena jika dibiarkan saja dapat menimbulkan resiko pengembangan diabetes tipe 2 setelah beberapa tahun pasca proses kehamilan terjadi.

Demikian penjelasan terkait Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil Muda, semoga dapat memberikan manfaat dan artikel ini kami kutip dari hamil.co.id . terima kasih.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: