Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Gelap

| March 17, 2015 | 0 Comments

Buah dan sayur warna gelapBuah dan sayur merupakan sumber serat, vitamin, dan juga antioksidan. Namun jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak antioksidan, lebih baik memilih buah dan sayuran berwarna gelap.

Sayur dan buah berwarna gelap yang sering kita konsumsi rupanya mengandung manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Sebut saja kubis ungu, plum, terong, blackberry, blueberry dan kismis.

Warna gelap yang ada pada buah dan sayur dibentuk oleh senyawa antosianin, yang berguna untuk menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, sehingga risiko penyakit jantung dan stroke berkurang.

Tak hanya itu saja, buah dan sayuran tersebut miliki sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik yang dibutuhkan tubuh, untuk mencegah berbagai penyakit seperti kardiovaskular, kanker, diabetes dan obesitas.

Sifat antiaging yang terdapat di dalam bahan-bahan tersebut, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, karena dapat membantu mengurangi peradangan dan kolesterol jahat.

Uniknya lagi, sederatan buah dan sayuran warna gelap itu, dapat menguatkan memori otak yang nantinya bisa cegah penyakit alzheimer. Bila disimpulkan, secara keseluruhan hal ini dapat mencegah beragam penyakit dan membuat kita lebih panjang umur.

Bagi para atlet, buah dan sayuran berwarna gelap juga disarankan karena kandungan antioksidannya sangat baik untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan nyeri otot, inflamasi, lemas, dan kematian prematur sel.

Radikal bebas merupakan suatu atom molekul atau senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan sehingga sangat reaktif.

Radikal bebas dapat terbentuk dalam tubuh saat bernafas sebagai hasil samping proses oksidasi atau pembakaran, olahraga yang berlebihan, ketika terjadi peradangan, terpapar polusi lingkungan seperti dari asap rokok, kendaraan bermotor, radiasi, dan sebagainya.

Untuk menghindari efek buruk radikal bebas, mengonsumsi bahan makanan yang berwarna gelap sangat dianjurkan. Berikut adalah beberapa buah dan sayur yang dianjurkan.

  • Buah-buahan: Berrie (blueberri dan blackberry), buah ceri, cranberries, tomat, dan prunes.
  • Sayuran: Brokoli, kol, wortel, ubi ungu, buah bit, dan lobak merah.
  • Sayuran berdaun: Bayam, kacang hitam, lentil, dan kacang hitam.
  • Kacang-kacangan: Walnut, almond, kacang brasil, dan flax seed.

Bahan-bahan makanan tersebut memiliki khasiat mulai dari melindungi sel dari kerusakan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hingga menurunkan risiko kanker.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Manfaat Buah dan Sayur berwarna Gelap yang kami kutip dari berbagai sumber. Semoga dapat memberikan manfat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: