Teh Oolong dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

| February 18, 2014 | 0 Comments
Teh Oolong

Teh Oolong

Teh Oolong adalah salah satu jenis teh yang mimiliki manfaat begitu banyak. Teh ini hampir sama dan sejenis dengan teh Tionghoa, memiliki warna antara teh htam dan teh hijau. Ketika diseduh dengan baik minuman teh ini memiliki rasa yang pahit tapi meninggalkan rasa sedikit manis setelah diminum. Teh Oolong memiliki banyak  manfaat untuk tubuh. Untuk lebih jela apa saja manfaat teh oolong untuk kesehatan tubuh silahkan dibaca artikel dibawah ini.

TEH Oolong adalah teh yang dibuat dari daun tanaman camellia sinensis. Hampir sama seperti jenis teh lainnya, teh oolong juga biasa dinikmati di kala waktu santai.

Teh Oolong merupakan salah satu jenis teh yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Berikut manfaat kesehatan yang diberikan oleh teh oolong, seperti dilansir Naturalnews.

  • Meningkatkan energi

Teh oolong merupakan salah jenis minuman yang menawarkan kesehatan untuk Anda. Tidak hanya rasanya yang nikmat, karena tidak sarat akan gula dan bahan tidak sehat lainnya. Teh oolong lebih baik dibanding minuman energi ketika Anda membutuhkan pemulihan cepat.

Meskipun teh oolong termasuk minuman pembangkit energi, tetapi Anda tidak akan kelebihan energi. Misalnya, tidak seperti kopi atau minuman energi lainnya yang memberikan energi dengan cepat, namun risiko kesehatan turut pula menyertainya.

  • Melawan kanker

Teh oolong mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu, antioksidan juga dikenal dapat membantu dalam mencegah kanker, karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada DNA dan sel yang menyebabkan kanker. Seduhan teh oolong dalam air panas akan membantu mendapatkan jumlah maksimum antioksidan dari teh.

  • Sehat untuk kulit

Selain melawan kanker, kandungan antioksidan teh oolong juga berguna dalam membantu membersihkan racun yang menyebabkan noda dan perubahan warna kulit. Bahkan, teh oolong juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang dipancarkan matahari.

  • Kesehatan tulang

Studi menunjukkan bahwa minum teh oolong untuk waktu yang lama dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang. Artinya, minum teh oolong juga membantu dalam mencegah osteoporosis, meskipun untuk jangka waktu yang lama. Namun, gaya hidup sehat disertai minum teh oolong dari waktu ke waktu akan membantu menjaga kesehatan tulang dari kerapuhan akibat pertambahan usia.

  • Membantu penurunan berat badan

Studi menunjukkan bahwa polifenol dalam teh oolong dapat membantu menurunkan berat badan. Teh oolong juga dikenal dapat meningkatkan metabolisme yang membantu tubuh membakar lemak lebih efektif. Kedua faktor ini membuat teh oolong merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang sedang diet atau menurunkan berat badan.

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Sebuah studi dari Kyoto University, Jepang menegaskan bahwa minum teh oolong mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa minum satu hingga enam cangkir teh oolong setiap pekan mengurangi 22% risiko penyakit kardiovaskular pada wanita, sedangkan risiko pria berkurang sebesar 38%. Selain itu, teh oolong juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah dan membantu dalam menurunkan kolesterol.

Demikian sedikit penjelasan mengenai salah satu jenis teh yaitu Teh Oolong dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Semoga dapat menberikan manfaat bagi pembaca semua.

Category: Galery tanaman herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: