6 kebiasaan kecil penyebab jerawat semakin parah

| June 10, 2016 | 0 Comments

jerawatan 1Jerawat merupakan masalah wajah yang sangat tidak disukai oleh semua orang, karena sdapat mengurangi kecantikan dan rasanya juga sakit. Jerawat akan mudah muncul ketika wajah kotor dan tidak segera dibersihkan. Hal ini bisa menyebabkan munculnya jerawat karena pori-pori kulit tertutup kotoran dan menyebabkan peradangan. Ketika anda sedang berjerawat sebaiknya memperhatikan 6 hal yang dapat memperparah jerawat anda. Nah berikut 6 hal tersebut.

Viva.co.id – Jerawat tidak hanya disebabkan oleh hormon semata. Begitu banyak hal yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. Dari mulai makanan hingga gaya hidup yang salah. Kita semua tahu jika jerawat biasa disebabkan oleh sebum berlebih yang bercampur sel kulit mati dan terkunci di folikel.

Meski, ada beberapa faktor penyebab yang tak dapat diubah, seperti faktor keturunan, namun tetap ada hal lainnya seperti gaya hidup mengonsumsi junk food, stres atau pola diet tak sehat. Cari tahu beberapa hal yang kadang tidak kita sadari, namun dapat memperparah kondisi jerawat di wajah kita.

  • Konsumsi makanan berlemak

Pola makan ternyata juga memengaruhi kondisi kesehatan kulit, sebut saja makanan, seperti nasi putih, roti, pasta, kue-kue, dan soda secara tak langsung dapat memicu kondisi wajah yang berjerawat lebih parah. Untuk menghindarinya, coba alihkan konsumsi anda lebih banyak pada protein, omega 3, asam lemak, dan buah segar untuk kulit lebih bercahaya.

  • Sesi bercinta

Loh apa hubungannya jerawat dengan sesi bercinta? Inilah yang terkadang banyak orang abaikan. Ketika minyak di wajah anda bercampur dengan sedikit air liur yang mengenai kulit, bisa mengakibatkan sebum semakin dalam timbulnya jerawat.

  • Pasta gigi ber-fluoride

Pasta gigi yang menggunakan fluoride dapat menyebabkan kondisi umum seperti dermatitis perioral. Ini biasanya terlihat sebagai jerawat atau bruntusan kecil-kecil yang tumbuh di sekitar mulut, hidung, dan bahkan dekat mata.

  • Perlengkapan kecantikan

Jangan salah, perlengkapan kecantikan dan kosmetik anda juga bisa menjadi biang penyebab semakin parahnya jerawat. MIsalnya, saat anda memakai krim wajah dan mengoleskannya dengan tangan, maka bisa saja anda lebih berpeluang memiliki komedo, khususnya di daerah dagu.

  • Obat-obatan

Obat-obatan di dalam lemari anda ternyata juga bisa berpotensi menyebabkan jerawat dan bahkan membuatnya makin parah. Lithium dan steroid yang terkandung dalam obat bisa memperparah jerawat.

  • Bantal tidur

Ini juga menjadi salah satu penyebab yang terkadang kerap diabaikan. Sarung bantal tidur yang jarang diganti bisa mentransfer bakteri ke area wajah, dan ketika bercampur dengan minyak di kulit pastinya bakal memperburuk keadaan jerawat di wajah. Maka, gantilah secara rutin seprei dan sarung bantal anda setidaknya 2 minggu sekali.

Category: Inspirasi

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: