Jenis Penyakit dan pengobatannya – Penyakit Kolera

| August 23, 2012 | 0 Comments

PENYAKIT KOLERA

Penyakit kolera/cholera sering disebut dengan penyakit penduduk asia. Karena sering menimbulkan wabah di negara : Tiongkok, India, Birma, Thailand  , Indonesia, dll. Kolera disebabkan oleh basil yag disebut vibrio asiaticac atau vibrio comma, karena bentuknya seperti koma. Basil ini hidup susur pada kotoran masnusia, sebaliknya basil ini mudah mati bila terkena panas.

Gejala-gejala yang sering terjadi pada  penderita kholera :

  • Berak encer dan muntah-muntah.
  • Wujud beraknya seperti air beras.
  • Kulit dingin dan mengkerut.
  • Otot terasa kaku, terutama pada punggung dan betis.
  • Muka pucat, maata cekung, hidung meruncing. dan pipi kempis.
  • Kuku, jari dan bibir, agak kebiru-biruan.
  • sebentar-sebentar merasa haus.

Pengobatan penyakit kolera dengan ramuan herbal :

  1. Serbuk arang tempurung kelapa 1 sendok teh, Diseduh dengan air mendidih 1 gelas. Aduk-aduklah dengan baik. Setelah dingin diminum 2 kali sehari 1/4 gelas.
  2. Air perasan jeruk nipis yang telah tua 5 sendok makan, minyak kayu putih 2 sendok makan, kapur sirih sebesar biji  asam. Bahan-bahan ini diaduk menjadi satu. Gunakanlah untuk menggosok tulang punggung dan perut 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Rimpang teki 2 jari, daun sembung 1/4 genggam, daun sangket 1/4 genggam, rimpang lengkuas 1 jari, bawang utih 2 buah, tanah liat putih sebesar buah duku, gula batu sebesar  kemiri. Kesemua bahan ini dicuci bersih dan dipotong-potog seperlunya. Rebuslah dengan air putih sebanyak 3 gelas, biarkan hingga airnya tinggal kira-kira 3/4-nya. Sesudah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  4. Degan kelapa hijau 1 buah, dipangkas bagian atas dan bawahnya serta diberi lubang  seperlunya. Panaskan diatas api bara hingga airnya mendidih 10 menit. Setelah itu diangkat dan diminum 2 kali sehari.
  5. Lengkuas merah 3/4 jari, dicuci bersih dan diparut serta diberiaair masak 1/2 cangkir dan madu 1 sendok makan. Diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari 2 sendok makan

Ramuan herbal diatas bisa dipilih salah satu, tentunya yang cocok bagi sipenderita penyakit kolera.

    Category: Inspirasi

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: