TANAMAN HERBAL “Siantan obat penyakit”

| October 17, 2012 | 0 Comments

Tahu gak sih tanaman  siantan ?

Siantan (Ixora stricta Roxb) atau bisa disebut dengan soka, soka beureum, saya mami ini mempunyai kandungan kimia seperti saponin, flavonoid, dan tanin. Anggota famili Rubiaceae itu bersifat rasa manis, sejuk, dan hipotensif. Tanaman ini berkhasiat menghilangkan bekuan darah dan menghilangkan sakit.

Budi daya tanamna ini juga mudah yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan stek. Cara pemeliharaannya dengan cukup air dalam penyiraman, menjaga kelembapan, dan pemupukan terutama pupuk dasar. Siantan menghendaki tempat yang cukup sinar matahari.

Tanaman siantan ini bisa untuk obat juga, memang kesembuhan dari penyakit itu yang menentukan Tuhan, tapi sebagai manusia wajib berusaha. Nah, ternyata akar, bunga, tangkai, dan daun lazim digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini:

  1. Haid tidak teratur dan tidak datang haid, “Cucilah dengan bersih 17 gram siantan. Rebus bunga dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan sekaligus 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.”
  2. Hipertensi, “Cucilah dengan bersih 17 gram bunga siantan. Rebus bunga dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan sekaligus 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.”
  3. Luka terpukul, ngilu – ngilu, terkilir, dan koreng, “Cucilah dengan bersih tangkai dan daun siantan secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga berupa adonan. Balurkan ramuan dibagian tubuh yang sakit.”
  4. TBC, paru disertai batuk berdarah, “Cucilah dengan bersih 50 gram akar siantan. Tambahkan 60 gram daging sapi tanpa lemak. Potong kecil – kecil, lalu buat sup kedua bahan tersebut. Minum kuahnya dan makan dagingnya.”

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah … ^^

Sumber: Penebar swadaya

 

Category: Inspirasi, Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: