Tanaman herbal “singkong berkhasiat”

| November 5, 2012 | 0 Comments

Singkong (manihot utilisima) atau biasa disebut dengan sampeu, telo pohong, pohong, uwi kayu, ketela kayu, kusbin, ubi kaye ini mempunyai kandungan kimia yaitu hidrat arang, kalsium, fosfor, lemak, protein, vitamin A, tanin (kulit batang), vitamin C (umbi). Tanaman ini berkhasiat untuk antikanker, antioksidan, antitumor, dan penambah nafsu makan.

Cara budi daya tanaman ini dengan perbanyakan tanaman dengan menggunakan setek batang. Batang yang digunakan adal;ah batang tua dengan panjang lebih kurang 25 cm. Pemeliharaan cukup mudah dan perlu cukup air dan penyiraman yang cukup. Singkong menghendaki sinar matahari yang cukup.

Adapun bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, batang, dan umbi merupakan bagian tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit berikut ini :

  1. Luka, dan luka bernanah, “Cucilah dengan bersih batang singkong secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan hasil tumbukan dengan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi adonan. Lap luka dengan air hangat atau alkohol 70 %, lalu balurkan ramuan pada luka dan perban. Ulangi pengobatan 2 kali sehari dengan dosis yang sama.”
  2. Penyakit karena kutu air, “Cucilah dengan bersih umbi singkong secukupnya. Kupas kulit, lalu parut umbinya. Lap luka dengan air hangat atau alkohol 70 % , lalu balurkan singkong pada luka. Lakukan secara rutin. “
  3. Rematik, “Cucilah dengan bersih 7 lembar daun singkong, 1 jari jahe, dan kapur sirih secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air ke dalam hasil tumbukan, lalu aduk sehingga menjadi adonan. Lap luka dengan air hangat atau alkohol 70 %, lalu balurkan ramuan pada luka. lalukukan secara rutin.
  4. Penglihatan kurang jelas, “Cucilah dengan bersih 100 gram daun singkong, 13 gram boroco, dan sedikit garam. Tambahkan air secukupnya ke dalam ramuan, lalu rebus hingga mendidih. Minum air ramuan dan makan daun singkongnya. “
  5. Beri – beri , “Cucilah dengan bersih daun singkong 200 gram dengan air matang. Makan daun singkong sebagai lalapan. “

Selamat mencoba semoga bermanfaat yah … ^^

 Sumber : Penebar Swadaya

Category: Inspirasi, Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: