Tanaman Herbal “Srigading Atasi Demam”

| October 18, 2012 | 0 Comments

Srigading (Nyctanthes arbor) ini asli dari India yang tersebar luas  seluruh dunia di daerah tropis. Tanaman ini disebut juga dengan daun karangan, kembang pengantin, sari gading, sirih gading, suruh gading. Nah, srigading ini mengandung alkaloida, saponin, metil- salisilat, polychroit, zat ubar, saffran, flavonoid dan polifenol. Anggota famili Oleaceae itu bersifat sedikit pahit dan astrigen.Tanaman ini tumbuh liar di semak-semak atau pinggir hutan, namun sering ditanam sebagai tanaman hias dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 500 m dpl. Perdu atau pohon kecil, tinggi ± 9 m. Batang berkayu, bulat, bercabang, berambut, kasap, putih kotor.

Cara budi daya tanaman inipun sangan mudah yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan stek atau biji. Pemeliharaan tanaman ini antara lain membutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembapan tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar.

Srigading ini banyak sekali mafaatnya. Daun dan bunga berfaedah untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut :

  1. Demam nifas dan demam kambuhan tak kunjung sembuh, “10 gram bunga segar dicuci bersih, kemudian direbus dengan 2 gelas air samapi mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing- masing 1/2 gelas. Cara lein yaitu dengan merebus 7 lembar daun srigading segar dan 7 lembar daun iler segar dalam 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 1/2 gelas.” Minum air rebusan itu 3 kali sehari, masing- masing 1/2 gelas. “
  2. Encok, “Cuci dengan bersih 10 gram daun atau bunga srigading, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing- masing 1/2 gelas.”
  3. Peluruh urine, “Cucilah dengan bersih 10 gram daun atau bunga srigading, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing- masing 1/2 gelas.”
  4. Peluruh haid ( terlambat haid bukan karena hamil), “Cucilah dengan bersih 10 gram daun atau bunga, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing- masing 1/2 gelas.”

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yak ……. ^^

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Inspirasi

Leave a Reply

%d bloggers like this: