TANAMAN HERBAL “Sukun Menambah Asi”

| October 11, 2012 | 0 Comments

Tanaman sukun termasuk dalam genus artocarpus, tanaman ini kaya akan kandungan kimia seperti saponin dan polifenol pada kulit batang dan daun. Anggota famili Moraceae itu bersifat antidemam (daun) dan melancarkan ASI (kulit buah).

Nah, cara budi daya tanaman ini dengan perbanyakan tanaman cangkok dan biji. Pemeliharaan tanaman ini mudah yaitu membutuhkan cukup air dengan penyiraman/ menjaga kelembapan tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Sukun menghendaki tempat yang cukup matahari. Sebagai tanaman obat, sukun tidak boleh diberi pupuk kimia dan disemprot dengan pestisida.

Tau gak sih? ternyata kulit buah sukun dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut :

  1. Menambah ASI,” dua puluh gram daun segar dicuci, kemudian dirajang kecil- kecil. Rebus bahan dengan 2 gelas air matang selama 15 menit. Setelah dingin, saring, dan air rebusan dibagi dua untuk minum pada pagi dan sore.”
  2. Demam, “Cuci bersih 20 gram daun segar, lalu rajang kecil- kecil. Rebus bahan dengan 2 gelas air matang selama 15 menit. Setelah dingin, saring, dan air rebusan dibagi dua untuk minum pada pagi dan sore. “

Selamat mencoba, moga bermanfaat yah …. ^^

Sumber: Penebar Swadaya

Category: Inspirasi, Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: