728×90

Tanaman Herbal “Temu Putih Berkhasiat”

| November 5, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal temu putih ini mudah di dapat. Temu putih (Curcuma zedoaria) ini mempunyai kandungan kimia antara lain cineole, camphane, zingiberene, borneol, campgor, curcumin, resin, curcumol, dan curdione yang berkhasiat antikanker. Anggota famili Zingiberaceae ini bersifat peluruh haid, peluruh dahak, peluruh kentut, penghilang rasa sakit, perangsang muntah bila keracunan, melancarkan peredaran darah dan pernafasan.

Khasiat dari tanaman ini untuk mengatasi memar, luka, keseleo, terantuk, terpukul, bisul, bengkak, rematik, pegal linu, dan sengatan kalajengking atau ular. Nah, cara budi daya tanaman ini mudah yaitu dengan perbanyakan tanaman rimpang. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman teratur untuk menjagakelembapan. Temu putih ini menghendaki cukup tempat yang teduh.

Bagian tanaman bermanfaat sebagai obat adalah rimpang dan daun untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Kanker mulut rahim dan vulva, “Cucilah dengan bersih 10 gram rimpang irisan temu putih kering, 10 gram umbidaun dewa segar, 20 gram herba baru cina segar, 30 gram herba rumput mutiara segar, 20 gram herba sambiloto kering, dan 30 gram biji jali. Tumbuk halus semua bahan, lalu rebus dalam 4 gelas air dengan api sedang hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum airnya sekaligus sebelum makan pagi. Ampasnya direbus sekali lagi dan airnya diminum sore hari sebelum makan. Lakukan pengobatan secara rutin.”
  2. Kista rahim, “Cucilah dengan bersih sebuah rimpang temu putih dan makanlah sebagai lalap. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.”

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah …. ^^

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Inspirasi, Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: