TANAMAN HERBAL”TEKI”

| October 8, 2012 | 0 Comments

Teki (Cyperus rotundus) atau  disebut dengan motta, rukut teki wuta, karehawai dan bulili manggasa, ini mengandung  minyak menguap (0,3- 1%) seperti cyperene, patchoulenone, cyperol, cyperene Idan II. Tanaman ini juga mengandung alkaloid, glikosia jantung, dan flavonoid. Anggota famili Cyperaceae ini bersifat rasa pedas, agak pahit, manis, dan netral. Khasiat teki ini untuk menormalkan siklus haid, melancarkan vital energi, dan menghilangkan sakit. Selain itu, teki ini juga obat penting untuk penyakit- penyakit pada wanita seperti rasa sakit sewaktu haid dan haid tidak teratur. Nah, teki ini berfaedah mengatasi sakit dada, sakit iga, luka terpukul, memar, gatal- gatal dikulit, bisul, pendarahan dan keputihan, edema, gangguan fungsi pencernaan seperti mual, muntah, serta nyeri lambung dan perut.

Cara budi daya tanaman ini yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan anakan. Pemeliharaan tanaman relatif gampang, perlu cukup air dengan cara penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan. Berikan pupuk secara berkala, teki menghendaki tempat yang cukup sinar matahari.

Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah umbi untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Sakit dada dan sakit iga, “cuci bersih 5-10 gram umbi, lalu rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan. Kemudian minum ramuan tersebut.”
  2. Busung atau bengkak, 3 rimpang teki dicuci bersih, lalu giling halus. Seduh rimpang dengan 3/4 cangkir air panas. Setelah agak dingin atau suam- suam kuku, saring hasil seduhan dan tambahkan madu dan aduk rata. Minum ramuan 2 kali sehari.”
  3. Haid tak teratur dan sakit,“cuci bersih 6-9 gram umbi, rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan.”
  4. Bisul, “cuci bersih tanaman teki segar, lalu giling halus. Tempelkan ramuan di tempat yang sakit.”

Semoga bermanfaaat ya… ^^

Sumber: Penebar Swadaya

Category: Inspirasi, Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: