Air Putih dan Manfaatnya Untuk Kesuksesan Program Diet

| February 8, 2014 | 0 Comments

air putihAir Putih dan Manfaatnya Untuk diet

Seseorang yang sedang melakukan program diet pasti akansangat berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi makanan. Kebayakan dari mereka lebih memilikh untuk mengurangi jumlah asupan Karbohidrat dan menghindari makanan berlemak. Selain itu berolah raga juga dijadikan sebagia agenda rutin agar diet yang dikaukan dapat berhasil.

Selain hal di atas ada beberapa hal lain yang  harus diperhatikan oleh anda yang sedang melakukan progran diet. Seperti memperbanyak minum air putih dan Kuah sayur bening. Lalu apa hubungannya air putih dan kuah sayur bening dengan program diet, berikut penjelasannya dari detik.com.

Jakarta – Memilih menu asupan sehari-hari saat diet dan dalam program penurunan berat badan, tentu akan terasa lebih selektif. Selain sayuran dan buah-buahan, asupan lain rupanya juga bisa memberikan pengaruh positif untuk program diet Anda. Di antaranya air putih dan kuah sayur bening.

“Untuk diet, pastikan konsumsi air putih tidak kurang dari 2 liter per hari. Idealnya adalah minum 40 cc air putih per kilogram berat badan,” ujar Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, ahli gizi lulusan Gizi Klinik Universitas Gajah Mada, kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat (7/2/2014).

Jadi jika misalnya berat badan Anda saat ini adalah 60 kg, maka 60 dikalikan dengan 40, yaitu 2.400 cc atau 2,4 liter. Ini berarti minimal Anda harus minum air putih sebanyak 2,4 liter per hari. Apa fungsinya Anda memenuhi asupan air putih sehari-hari?

“Pertama, bisa memberikan efek rasa kenyang pada tubuh. Sebab lapar yang muncul itu belum tentu benar-benar lapar, bisa saja emotional eating. Sebelum makan pastikan dulu itu benar-benar lapar atau tidak dengan minum air putih. Kedua, air putih melancarkan transportasi lemak dan zat yang akan dibuang dalam tubuh,” terang Rita.

Wanita yang kini aktif sebagai dosen tetap jurusan gizi Poltekkes Jakarta II ini menyebutkan bahwa selain air putih, Anda juga bisa memanfaatkan air kuah sayuran bening, misalnya sayur bayam atau sayur katuk.

“Kuah sayur bening sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang diet. Sebab ia masih mengandung zat mikronutrien yang sebelumnya dimiliki juga oleh sayurnya. Zat mikronutrien ini banyak terdapat pada sayur dan buah. Jadi kalau sedang makan sayur bening, habiskan juga kuahnya,” tutur Rita.

Zat mikronutrien ini disebutkan oleh Rita juga mengandung banyak antioksidan, sehingga selain membantu menurunkan berat badan, juga dapat memperindah struktur kulit dan membuat kulit tampak awet muda. “Peredaran darah juga menjadi lancar,” lanjutnya.

detikHealth mengadakan detikHealth Reader’s Choice 2013, yaitu sebuah survei yang digelar pada 20 Desember 2013 hingga 15 Januari 2014. Sebanyak 3.819 orang telah berpartisipasi, terdiri atas 54 persen responden adalah perempuan dan 46 persen responden laki-laki, yang tersebar dari seluruh Indonesia.

Dari hasil survei tersebut, sebagian besar pembaca detikHealth rupanya sudah memenuhi kebutuhan air minumnya dalam sehari. Hasil survei menyatakan bahwa 1.749 pembaca terbiasa minum air putih lebih dari 8 gelas per hari. Sementara 1.387 pembaca minum 6-8 gelas air putih per hari, 563 pembaca minum 4-6 gelas air putih per hari, dan 120 pembaca minum kurang dari 4 gelas per hari.

Demikian sedikt penjelasan mengenai Manfaat Minum air putih dan Kuah sayur bening saat diet. Semoga dapat membantu mensukseskan program diet anda dan selamat mencoba.

sumber : Detik.com

Category: Lifestyle

Leave a Reply

%d bloggers like this: