Lifestyle – Satu lagi Manfaat Minum Kopi Manis

| July 4, 2012 | 0 Comments

KOPI MANIS DAN MANFAATNYA BAGI OTAK

Minum kopi selagi masih panas terasa nikmat dilidah kita. Beberapa orang memang berbeda selera dalam menikmati sajian minum  kopi. Ada yang minum dalam kondisi rasa pahit, ataupun ada juga yang suka minum dikondisi rasa manis. Tergantung dari setiap individu. Namun ditilik dari perbedaanya pasti ada.

  • Bila kopi diminum dalam kondisi rasa pahit : Minum kopi pahit dalam hal ini akan membawa pengaruh pada kinerja kita yang lebih dinamis, karena efek dari kafein yang terkandung dalam kopi akan banyak memberikan pengaruh pada tubuh kita. Sehingga badan akan terasa lebih fit, energik dan senatiasa bersemangat. Dari hal inilah  sehingga Kafein banyak digunakan oleh pabrikan dalam membuat minuman berenergi.
  • Bila diminum dalam kondisi rasa manis : Ternyata efek yang ditimbulkan ketika minum kopi  manis adalah berpengaruh langsung dalam mekanisme kerja otak kita.Telusur punya telusur ternyata hal ini akibat sinergi dari kafein dan glucosa.

Untuk lebih jelasnya dapat dibaca saduran artikel dibawah ini :

Barcelona,Seseorang tidak akan menjadi lebih cerdas setelah minum kopi manis, namun aktivitas otak pada tingkat kecerdasan tersebut akan menurun. Artinya kombinasi kopi dan gula bisa membuat kerja otak lebih efektif.

Tanpa ditambah gula, kopi diketahui bisa membuat otak dan stamina lebih terjaga karena mengandung kafein. Senyawa ini merupakan stimulan atau pembangkit stamina, sehingga dipakai juga sebagai campuran dalam minuman berenergi.

Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitat de Barcelona (UB) mengungkap, kafein punya efek lain ketika dikombinasikan dengan glukosa atau gula. Kombinasi yang menghasilkan kopi manis ini mampu membuat kerja otak lebih efisien.

Dalam pemindaian CT Scan, aktivitas otak pada para peminum kopi manis tampak menurun di bagian yang mengatur kemampuan kognitif. Meski aktivitasnya menurun, performa atau kinerja otak teramati stabil dalam hasil tes kognitif yang diberikan.

Kemampuan otak untuk menghasilkan kinerja yang sama dengan aktivitas lebih rendah menunjukkan bahwa otak bekerja dengan lebih efisien. Hal ini bisa membuat otak tidak cepat mengalami kelelahan atau bahkan kerusakan sel.

“Kombinasi kafein dan glukosa menyebabkan kerja otak lebih efisien di bagian kognitif, terutama yang bertanggung jawab atas ingatan dan perhatian,” ungkap Josep M Serra Grabulosa dari UB seperti dikutip dari Sciencedaily, Kamis (25/11/2010).

Penelitian yang dilakukan Jean dan rekan-rekannya melibatkan 40 relawan sehat yang dibagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing diberi minuman yang berbeda yakni kopi pahit, sirup gula, kopi manis dan air putih.

Hasil penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental.

Category: Lifestyle

Leave a Reply

%d bloggers like this: