Brantas penyakit dengan Kapsul Temulawak

| August 28, 2012 | 2 Comments

Atasi Penyakit dengan Kapsul Temulawak

Temulawak (cucuma Xanthorrhiza) secara tradisional sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk peluruh batu empedu, pelancar ASI, pelancar pencernaan, penurun panas, peluruh batu ginjal, menurunkan kolesterol dan sebagai penambah nafsu makan. Cara pemakaian umum dimasyarakat adalah dengan menyeduh rimpang temulawak dengan air mendidih, atau merebusnya, kemudian diminum beberapa kali sehari. Air rebusan rimpang temulawak dapat juga diberikan pada anak balita.

Temulawak merupakan tumbuhan yang termasuk dalam suku Zingiberaceae, pada umumnya tanaman yang termasuk dalam suku ini mengandung zat warna kuning/kurkuminoid dalam rimpang temulawak mengandung kukurmin, disamping itu rimpang temulawak juga mengandung 3 – 12 % minyak atsirin dengan seskuiterpenoid sebagai metabolit dominan. Xanthorrhizol merupakan kompenen utama dalam minyak atsiri rimpang temulawak.

Hasil penelitian terhadap ekstra rimpang temulawak oleh para lmuwan menunjukkan bahwa kurkurmin,desmetoksi kurkumin dalam kompenen minyak atsiri mempunyai keterkaitan dengan khasiat yang ditimbulkan. Kurkumin terbukti mempunyai kemampuan sebagai anti inflamasi /

Gambar ini adalah gambar kapsul temulawak

Kapsul Temulawak

anti radang, anti oksidan, mencegah dan mengobati ulkus lambung karena dapat menghambat pertumbuhan Helicobacter. Pylori suatu yang berperan pada timbulnya tukak lambung, juga dapat digunakan untuk mengobati hepatotoksis dan memacu kontraksi kelenjar empedu sehingga mengurangi iksterus (penyakit kuning). Efek penambahan nafsu makan dapat disebabkan karena stimulasi cairan empedu.

Melihat khasiat yang begitu banyak dari rimpang temulawak ini, Kapsul temulawak merupakan alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari rimpang temulawak yang diperkaya dengan penambahan Nigella Sativa (jinten hitam) dan Bee Pollen. Penambahan jinten hitam dan kapsul temulawak plus dimaksudkan untuk memberi manfaat yang elbih besar, seperti diketahui Nigella Sativa juga berkhasiat sebagai anti radang, menghilangkan nyeri, memperbaiki pencernaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Sedang Bee pollen mengandung asam amino essensial, asam lemak essensial, mineral dan vitamin. Kandungan gizi dalam Bee pollen akan sangat bermanfaat untuk mebantu proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sumber  :  Diantri Rati Rahayu s.si.Apt.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. milla says:

    emang nak ada obatan herbal yg namanya jangau

    • baitul herbal says:

      Terima kasih atas kunjungannya. Maaf untuk herbal yang namanya jangau belum ada, kalau boleh tau jangau itu bentuknya apa dan obat herbal untuk apa. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: