Gangguan Tidur Insomnia, Penyebab dan Cara mengatasinya

| February 7, 2014 | 0 Comments

gangguan tidurGangguan Tidur Insomnia

Insomnia merupakan salah satu dari berbagai jenis gangguan kesehatan yang sering diderita oleh masyarakat di jaman modern ini. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya aktifitas yang dilakukan sampai larut malam. selain itu kekuranganvitamin juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur Insomnia.

Selain penyebab diatas ada beberapa penyebab lain dai gangguan tidur Insomnia.

Penyebab Gangguan Tidur Insomnia

  • Stress

Orang yang mengalami gangguan tidur / insomnia biasanya beberapa hari sebelumnya telah mengalami stess atau kegelisahan yang sangat. Sehingga apa yang menyebabkan stress itu terus difikirkan hingga menyebabkan kesulitan untuk tidur.

  • Depresi

depresi dapat menyebabkan insomnia dan selain itu depresi juga dapat menjadikan seseorang berkeinginan untuk terus tidur karena ingin menghindari pemasalahan. Jadi Depresi dapat mengakibatkan insomnia dan insomnia juga dapat mengakibatkan depresi.

  • Kafein, dan Nikotin

Kafein dan nikotin adalah zat ynag berfungsi untuk stimulan. Jadi bagi anda yang mengalami ganguan tidur / insomnia jauhkan diri dari zat tersebut.

  • Kurang olahraga

Seseorang yang dalam kehidupan sehari-harinya jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga akan sangat rentan dengan yang namanya insomnia

  • Efek samping obat

pengobatan pada suatu penyakit dengan menggunakan obat-obat kimia juga beresiko untuk menderita insomnia.

  • Faktor usia lanjut

Selama ini gangguan tidur / insomnia lebih sering diderita oleh mereka yang telah berusia 60 tahun keatas, walaupun tidak menutup kemungkinan pada mereka yang masih muda.

Cara mengatasi Insomnia

  • Mencoba untuk tidur pada jam yang sama

Ini merupakan cara paling baik untuk mengatasi insomnia karena tubuh manusia akan lebih mudah melakukan hal yang bersifat rutinitas.

  • Meningkatkan aktifitas di siang hari

ketika diwaktu siang lebih lebih banyak beraktifitas akan menjadikan anda lebih mudah tidur di malam harinya karena kndisi tubuh yang telah lelah dan membutuhkan istirahat.

  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kafein

Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.

  • Jangan terlalu terobsesi dengan pemikiran tidak bisa tidur

dari berbagai penelitian, orang yang terlau khawatir dan terlalu takut jika tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling sulit untuk mengatasi insomnia.

Itulah sedikit penjelasan mengenai gangguan tidur insomnia, penyebab dan cara mengatasinya. Cobalah untuk selalu berfikir positif disetiap harinya karena berfikir positif adalah cara paling baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti insomnia. semoga dari yang sedikit ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca semuan.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: