Gejala awal penyakit leukimia yang wajib kita ketahui

| March 7, 2017 | 0 Comments

Ada berbagai jenis Penyakit Kanker, dan kebanyakan penyakit kanker adalah mematikan.

Penyakit Leukimia atau lebih dikenal sebagai kanker darah merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker  pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih). Sel darah putih adalah komponen terpenting dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika sel ini terserang dan melemah makan dapat dipastikan bahwa penderitanya juga akan dengan mudah terserang penyakit lain. Bahkan penyakit  yang biasanya lemah dan tidak berbahya seperti flu, batuk, dll akan jauh lebih ganas ketika diderita oleh pasien leukimia.

Sangat penting untuk melakukan pengecekan kesehatan tubuh dan darah untuk menetahui kondisi kesehatan tubuh kita. Dan ketika ada sesuatau yang janggal bisa dengan segera mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini. Selain itu sangat perlu juga untuk mengetahui gejala-gejala yang biasa ditimbulkan penyakit leukimia ini agar lebih cepat dan tepat dalam penanganannya. Untuk itu berikut kami sampaikan beberapa gejala yang biasa ditimbulkan penyakit leukimia yang terkadang tidak begitu jelas dan sering disepelekan oleh penderitanya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Leukemia atau kanker darah merupakan jenis kanker cair. Seperti dikutip dari Prevention.com, dokter Martha Wadleigh dari Dana-Farber Cancer Institute mengatakan, leukemia pada orang dewasa umumnya ditemui pada usia 50-70 tahun.

Sayangnya, gejala leukemia tidak begitu jelas dan dianggap masalah biasa. Berikut ini 6 masalah kesehatan yang mungkin jadi tanda adanya leukemia.

1. Kulit pucat

Kanker dalam darah bisa membuat sel darah rusak atau menghambat produksi sel darah merah di sumsum tulang Akibatnya, bisa terjadi anemia yang menyebabkan kulit terlihat pucat. Tangan juga bisa terasa dingin sepanjang hari.

2. Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala umum dari leukemia. Mulailah bertanya-tanya ketika merasa sangat lelah sepanjang waktu padahal tidak sedang melakukan kegiatan yang padat. Anda akan merasa tidak berenergi. Kelelahan terjadi akibat kekurangan darah.

3. Mudah infeksi atau demam

Sel darah adalah komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Bila terkena leukemia yang mengacaukan sel-sel darah, kekebalan tubuh pun akan menurun. Anda akan menjadi mudah infeksi, lalu demam berulang.

4. Sesak napas

Waspadai adanya masalah pada tubuh ketika mulai sering merasa sesak napas. Misalnya, saat melakukan aktivitas fisik, seperti menaiki tangga, tiba-tiba cepat terengah-engah dan sesak napas. Padahal sebelumnya tidak pernah merasakan demikian.

5. Memar

Muncul memar pada kulit secara tiba-tiba bisa jadi tanda leukemia. Selain memar, bisa juga hanya muncul bintik-bintik merah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya trombosit sehingga terjadi perdarahan.

6. Berkeringat malam hari dan nyeri sendi

Selain lima gejala umum di atas, beberapa orang juga akan merasa berkeringat di malam hari hingga pegal atau nyeri pada persendian.

Perlu melakukan tes darah dengan memeriksa jumlah sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit. Dengan melakukan tes darah makan akan kita ketahui lebih jelas kondisi kesehatan tubuh kita.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: