Jenis Penyakit dan Pengobatannya – Bisul (Furunculus)

| December 21, 2010 | 2 Comments

PENYAKIT BISUL (FURUNCULUS)

Penyakit bisul adalah suatu penyakit kulit karena infeksi yang disebabkan oleh basil stapphylococus. Basil-basil tersebut masuk kedalam kulit melalui kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan kantung rambut, kemudian menimbulkan radang yang berisi nanah. Nanah ini berisi basil-basil yang telah mati akibat perlawanan sel darah putih dalam tubuh.

Gejala-gejala yang terjadi pada penderita Penyakit Bisul / Furunculus :

  • Mula-mula timbul seperti jerawat atau benjolan kecil, makin lama semakin membesar dan bertambah luas.
  • Kulit kelihatan membengkak keras dan agak kemerah-merahan.
  • Terasa panas dan sakit agak dalam.

Pengobatan Penyakit Bisul dengan menggunakan ramuan herbal :

  1. Daun kembang telang biru 1/3 genggam, daun srikaya 1/4 genggam, daun nangka belanda 1/3 genggam, daun senokombang 1/4 genggam, gula enau 3 jari. Kesemua bahan-bahan ini dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya. Kemudian rebuslah dengan air bersih 3 gelas. Setelah airnya tinggal kira-kira 3/4 -nya dinginkan dan saringlah. Minumlah ramuan herbal ini sebanyak 2 kali sehari 1/2 gelas.
  2. Asam lama 3 jari, rimpang temulawak 1 jari, biji kasturi 3 biji, gula enau 2 jari. Semua bahan dicuci bersih lalu digiling dan ditumbuk hingga halus. Setelah halus rebuslah dengan air bersih 3 gelas. Didihkan terus hingga airnya tinggal 3/4-nya. Sesudah dingin lalu disaring dan minumlah ramuan ini 2 kali sehari 1/2 gelas.
  3. Daun kangkung 20 lembar, dicuci bersih dan digiling halus. Berilah air garam secukupnya. Gunakanlah untuk mengurap bisul dan sekelilingnya kemudian dibalut. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  4. Daun sosor bebek 6 lembar, Dicuci dan digiling halus. Bubuhilah dengan garam secukupnya. Gunakanlah untuk  mengurap bisul dan sekelilingnya kemudian dibalut. lakukan hal ini sebanyak 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  5. Daun sirih 5 lembar, Dicuci bersih dan digiling hingga halus. Gunakanlah untuk  mengurap bisul dan sekelilingnya kemudian dibalut. lakukan hal ini sebanyak 1-2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

Demikian cara untuk mengobati penyakit Bisul/furunculus , bisa dipilih sesuai kecocokan dari penderita.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Purna Arta says:

    terimakasih atas informasinnya tentang obat penyakit bisul ini. saya mau tanya kalau penyakit bisul ini berulang-ulang apakah ada penyakit lain sebagai penyebabnya?

Leave a Reply

%d bloggers like this: