Jenis Penyakit dan Pengobatannya – Gondok / Parotitis Epedemika

| September 15, 2012 | 0 Comments

PENYAKIT GONDOK / PAROTITIS EPEDEMIKA

Gondok atau orang menyebutnya dengan istilah gondongan atau beguk atau dalam bahasa medis Parotitis epedemika, adalah jenis penyakit yang belum diketahui secara tepat penyebabnya. Yang jelas bibit penyakit ini termasuk golongan virus. Penyakit ini sering timbul sebagai wabah dan banyak menyerang anak-anak pada usia 6-12 tahun. Masa tunasnya antara 2- 3 minggu, dan penyakit gondok ini termasuk jenis penyait yang menular.

Gejala-gejala yang sering timbul pada penderita penyakit gondok :

  • Kelenjar ludah telinga /  parotitis kelihatan bengkak.
  • Mulut terasa tegang dan nyeri, terutama bila mengunyah dan menelan.
  • Seringkali muntah-muntah dan nafsu makan berkurang.
  • Suhu badan naik.
  • Kadang-kadang telinga serasa berdengung.

Pengobatan penyakit gondok dengan pengobatan herbal:

  1. Daun tarum 1/3 genggam, daun halur 1/4 genggam, daun tempuh wijang 1/3 genggam. Semua bahan ini dicuci bersih lalu digiling halus-halus. Bubuhilah dengan minyak gandapura 2 sendok makan. Gunakanlah ramuan herbal ini untuk melumasi pada bagian yang sakit, 2 kali sehari atau sebanyak yang diperlukan.
  2. Daun simbar menjangan 2 lembar, dicuci lalu digiling halus-halus berilah garam dan air secukupnya. Gunakan ramuan herbal ini untuk melumasi pada bagian yang sakit 2 kali sehari.
  3. Daun dan buah mandu masing-masing 5 lembar dan 2 buah, mesoyi 2 jari, semua bahan dicuci dan ditumbuk halus. Remas-remas dengan air garam secukupnya. Gunakan ramuan herbal ini untuk melumasi pada bagian yang sakit 2 kali sehari. Sebanyak yang diperlukan.
  4. Daun terup 3/4 genggam, daun belimbing buluh 1/2 genggam, bawang merah 3 butir. Kesemua bahan ini dicuci hingga bersih, lalu diremas dengan air cuka 3 sendok makan. Gunakanlah ramuan herbal ini untuk melumasi pada bagian yang sakit 2 kai sehari sebanyak yang diperlukan.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: