Jenis Penyakit dan pengobatannya – Penyakit Borok (Ulcustripicum)

| December 22, 2010 | 0 Comments

PENYAKIT BOROK / ULCUSTRIPICUM

Penyakit borok ini bisa timbul karena keadaan udara yang panas dan lembab, bahan makanan yang tak seimbang terutama bahan makanan yang kurang mengandung vitamin A, sangat mempengaruhi peredaran darah dalam tubuh. Peredaran darah terdesak dalam pembuluh darah dalam tubuh, akhirnya pecah dan menimbulkan luka pada kulit. Luka-luka pada kulit ini mengakibatkan borok. Dan dalam borok terdapat 2 macam bibit penyakit secara bersamaan, yakni basil yang berbentuk seperti sepul dan basil spirochaeta (basil berpilin-pilin seperti ular).

Gejala-gejala yang terjadi pada penyakit borok :

  • Badan terasa demam dan nyeri.
  • Mula-mula tumbuh bintil-bintil pada kulit, makin lama makin besar dan mendalam.
  • Borok biasanya tertutup oleh lapisan yang berwarna coklat.
  • Berbau kurang sedap.

Pengobatan penyakit borok dengan pengobatan herbal :

  1. Tempurung kelapa yang telah diambil sabutnya dikikis seperlunya dan ditaburkan rata pada borok 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  2. Kulit jeruk bali yang telah dijemur kering dibakar sampai hangus, ditumbuk halus-halus lalu ditaburkan pada borok 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Daun lombok rawit 1/3 genggam, dicuci bersih dan digiling halus bubuhi dengan garam secukupnya dan gunakanlah untuk mengurap borok 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  4. Daun kunyit 3 embar, daun urat 6 lembar,  daun maja 5 lembar, daun buntut tikus 8 lembar, daun  lenglengan/daun setan 16 lembar, daun kepayang 6 lembar, dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Kemudian diremas dengan air perasan tembakau yang  kental 1/2 gelas. Gunakanlah untuk mengurap borok 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  5. Daun beluntas 1/3 genggam, dan camcau 1/3 genggam, rumput jarum 1 batang , daun kesumba 1/4 genggam dicuci bersih dan ditumbuk halus. Diremas dengan minyak kelapa seperlunya lalu digunakan untuk mengurap penyakit  borok 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

Dari beberapa ramuan herbal yang tertulis diatas bisa dipilh salah satu tergantung kecocokan dari penderita.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: