Jenis Penyakit dan pengobatannya – Penyakit Bronkhitis

| July 15, 2012 | 0 Comments

PENYAKIT BRONKHITIS

Penyakit ini timbul karena adanya peradangan pada batang tenggorokan (bronchi). Penyakit Bronkhitis disebabkan oleh basil yang berterbangan disekitar kita. Penyakit bronkhitis ini ada 2 macam, yaitu bronkhitis biasa dan bronkhitis menahun. Kedua jenis penyakit ini termasuk jenis penyakit yang mudah menular. Dan akan beralih menjadi radang paru-paru (TBC). Maka segala upaya akan disusahan untuk mengobati penyakit bronkhitis ini.

Gejala-gejala pada penderita peyakit bronkhitis :

  • Sering batuk-batuk pekat yang disertai lendir.
  • Rasa nyeri dan panas dibagian dada dan kadang-kadang pada tulang dada.
  • Pernapasan agak sukar dan terasa sesak.
  • Kadang-kadang diikuti dengan kenaikan suhu badan.

Pengobatan penyakit bronkhitis dengan pengobatan herbal :

  1. Tanaman urang-aring 1 batang, rumput bolong 1 batang, daun bayam duri 1/3 genggam, adas 1 sendok teh, pulosari 1/2 jari. kayu angin 1/4 genggam, gula enau 3 jari. Kesemua bahan ini dicuci bersih dan dipotong-potong seperlunya. Kemudian rebuslah dengan air bersih sebanyak 4 gelas dan didihkan hingga airnya tinggal 1/2-nya. Sesudah dingin lalu saring dan minumlah ramuan herbal ini  2 kali sehari 1/2 gelas.
  2. Daun poko 1/3 genggam, daun petikan kerbau 1/3 genggam, kesemua bahan dicuci bersih dan digiling halus. Bubuhilah dengan 2 sendok makan minyak jeruk sitrun dan remas baik-baik. Lumaskanlah pada leher lau balut. Lakukanlah 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Daun kaki kuda 1/2 genggam. Dicuci bersih dan direbus dengan air bersih 3 gelas, didihkan hingga airnya tinggal 3/4-nya. Sesudah dingin kemudian disaring dan minumlah dengan madu secukupnya . Lakukanlah hal ini sebanyak 2-3 kali sehari  1/2 gelas.
  4. Bunga kembang sepatu 2 kuntum. Dicuci bersih dan ditumbuk halus. Beri air masak 1 gelas dan garam sedikit. Peras dan saring kamudian minumlah 2 kali sehari 2 sendok makan.

Pengotan herbal untuk penyakit bronkhits ini memang beragam, semua dikembalikan pada penderita mau menggunakan jenis yang mana.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: