Jenis penyakit dan pengobatannya-Penyakit Demam nifas

| August 1, 2012 | 0 Comments

PENYAKIT DEMAM NIFAS

Nifas artinya sesudah melahirkan atau bersalin. Wanita yang bersalin sering terserang demam 3 – 4 hari. Demam semacam ini adalah hal biasa bagi seorang perempuan sehabis melahirkan. Tetapi kadang-kadang dalam waktu 3 hari belum juga sembuh. Hal ini bisa terjadi karena rahim kemasukan hama penyakit sewaktu tangan sipenolong masuk kedalam rahim.

Gejala-gejala yang terjadi pada penderita demam nifas :

  • Mula-mula badan terasa dingin.
  • Denyut nadi agak keras.
  • Suhu badan naik dan demam berlangsung terus sesudah sepekan bersalin.
  • Perut disebelah bawah terasa sakit kalau tertekan.
  • Kepala terasa pening dan sakit.

Pengobatan penyakit demam kuning dengan ramuan herbal :

  1. Buah pepaya yang belum masak 1 buah, dimasukkan kedalam api sekam kira-kira 10 menit. Setelah dingin dikupas dan daging buahnya dimakan 2 kali sehari 1/2-nya.
  2. Daun peria yang masih segar 3 lembar, dicuci bersih lalu digiling halus-halus diseduh dengan air panas 1 gelas dan garam sebesar biji asam, diperas lalu disaring dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  3. Kacang hijau 1 cangkir, santan kelapa kental 2 gelas, gula enau 2 jari, dibuat bubur yang cukup kental. sesudah dingin dimakan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  4. Teras batang pisang 1 biji kepalan tangan, dicuci lalu diparut, diremas dengan air garam dan disaring lalu diminum 2 kali sehari 1 sendok makan.
  5. Daun dempul lelet 1 gengam, dicuci bersih lalu diangin-anginkan supaya kering. Sesudah kering gilinglah jadi serbuk. Ambillah serbuk ini 1 sendok teh dan seduhlah dengan air panas 1 gelas. Suam-suam kuku minumlah 3 kali sehari 1/2 gelas.

Pengobatan herbal penyakit demam nifas diatas bisa dipilih salah satu sesuai selera dari sipenderita.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: