728×90

Jenis penyakit dan pengobatannya – Penyakit Difteri

| September 15, 2012 | 0 Comments

PENYAKIT DIFTERI

 Jenis penyakit dan pengobatannya   Penyakit DifteriPenyakit difteri pada umumnya menyerang selaput lendir tekak, rongga hidung tali suara, dan lain-lain. Kebanyakan yang terserang penyakit ini adalah anak-anak. Penyebab penyakit difteri adalah basil loeffler, bentuknya seperti batang korek api, ujung dan pangkalnya bertombol. Basil difteri banyak mengeluarkan racun (toksin) yang merusak pada badan, terutama pada bagian jantung. Penyakit ini tergoplong penyakit menular. Penularannya langsung dari percikan ludah.

Gejala-gejala yang terjadi pada penyakit difteri :

  • Badan terasa lemah dan nafsu makan berkurang.
  • Suhu badan naik antara 38 – 40 derajat celcius, dan biasanya disertai dengan muntah muntah.
  • Rasa nyeri pada tenggorokan, terutama kalau menelan makanan.
  • Suaranya berubah menjadi parau.
  • Tekak tampak kemerah-merahan,  lidah berselaput, tonsil bengkak tertutup oleh lapisan berwarna putih atau putih kekuning-kuningan.
  • Nafas sesak karena pipa-pipa pernapasan tersumbat oleh selaput lendir.

Pengobatan penyakit Difteri secara herbal :

  1. Buah jeruk nipis yang telah tua 2 buah, diambil airnya lalu diseduh  dengan air panas 1 gelas, madu 1 sendok makan. Suam-suam kuku gunakan untuk berkumur-kumur selama 3 menit lantas diminum 3 kali sehari 2 sendok makan.
  2. Isi buah pinang 1 butir, ditumbuk halus dan diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan madu 1 sendok makan. Suam-suam kuku gunakan untuk kumur-kumur selama 3 menit lantas diminum 3 kali sehari 1 sendok makan.
  3. Buah nanas yang telah masak 3 buah, dikupas dan dicuci bersih, diparut baik-baik diperas dan disaring. Air perasan ini digunakan untuk berkumur-kumur selama 3 menit, kemudian diminum 3 kali 1/2 gelas.
  4. Getah pepaya 15 tetes, diseduh dengan air panas 1 sendok makan. Gunakan ramuan herbal ini untuk berkumur-kumur dalam mulut dan tenggorokan 2-3 menit 3 kali sehari.
  5. Bawang merah 3 butir, daun salam 5 lembar, arang kayu jati 1 jari, mesoyi 1 jari, rimpang jahe 1 jari, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, ganti 1 jari, jinten hitam 1 sendok teh, gula enau 3 jari. Kesemua bahan dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus dan dibubuhi air garam 1 gelas, kemudian diperas dan disaring. Air perasannya diminum dan ampasnya digunakan untuk menggosok leher, dada dan punggung digunakan 1 kali sehari yakni pada malam hari.

Kesemua ramuan harbal diatas berguna untuk mengobati penyakit difteri, bagi penderita penyakit ini bisa memilih salah satu metode pengobatan sesuai dengan kecocokan dari penderita itu sendiri.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 8.5/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +2 (from 2 votes)
Jenis penyakit dan pengobatannya - Penyakit Difteri, 8.5 out of 10 based on 2 ratings
Tag :
460×60 Cara Pesan Produk Online Baitulherbal.com

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: